spot_img

Solidaritas untuk Palestina, Dompet Dhuafa Jatim Gelar Aksi Damai bersama Ribuan Massa

MALANG – Kejahatan membabi buta dari Israel yang dilakukan terhadap masyarakat Palestina membuat Dompet Dhuafa Jawa Timur tersentuh dan menggelar Aksi Solidaritas untuk Palestina di depan gedung DPRD Malang, Jumat (20/10/2023) siang. Aksi Bela Palestina ini digelar bersamaan dengan aksi serupa yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa di depan Gedung PBB di Jakarta.

Aksi damai yang diikuti oleh beberapa ormas Islam di Jawa Timur ini berjalan dengan lancar dan syahdu. Siang yang biasanya terik, menjadi redup dan sedikit mendung. Ribuan massa gabungan dari berbagai organisasi masyarakat berkumpul menyuarakan Aksi Bela Palestina.

Kholid Abdillah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jatim, mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap penderitaan saudara muslim di Palestina. Pembelaan kaum muslim terhadap warga Palestina merupakan kewajiban. Sebab, seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya.

“Setidaknya ada tiga alasan mengapa kita harus membela Palestina. Alasan pertama, karena di Palestina terdapat Masjidil Aqsa, kiblat pertama umat Islam dan tempat terjadinya peristiwa Isra Mikraj. Maka, membelanya termasuk bagian dari menjaga akidah dan tempat bersejarah,” ujarnya.

Alasan kedua, lanjut Kholid, amanah konstitusi. Indonesia yang dalam konstitusinya mengatakan bahwa “Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.

Alasan ketiga, kata Kholid, tentunya karena kemanusiaan. Saat ini, negara Israel sudah mengarahkan rudal dan senjatanya ke rumah-rumah sakit, media, tenaga medis, anak-anak, bahkan tempat ibadah. Ini merupakan kejahatan perang yang sangat parah.

Untuk itu, Dompet Dhuafa Jatim bersama kaum muslimin akan terus menyuarakan seruan untuk membela rakyat Palestina dan mengutuk semua bentuk penjajahan dan kejahatan perang. Tak hanya itu, Dompet Dhuafa Jatim juga melakukan penggalangan dana untuk rakyat Palestina.

Oleh: Muthohar

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles