spot_img

Status Gunung Ruang Naik Jadi Awas

JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah meningkatkan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dari level III atau Siaga menjadi level IV atau Awas.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, mengumumkan perubahan status tersebut mulai 17 April 2024 pukul 21.00 WITA, dengan rekomendasi jarak aman sejauh enam kilometer dari puncak gunung.

“Saat ini kekuatan erupsi Gunung Ruang semakin besar dan sudah mengeluarkan awan panas lebih kurang 1,7 kilometer,” ujarnya, Rabu (16/4/2024) malam.

Langkah menaikkan status ini diambil untuk mengantisipasi potensi tsunami yang bisa terjadi akibat awan panas besar yang mencapai laut.

Penduduk yang tinggal di pantai barat Pulau Tagulandang telah dievakuasi ke pantai timur untuk menghindari dampak tsunami dan awan panas dari erupsi Gunung Ruang.

Kejadian gempa tektonik di Laut Maluku sebelumnya telah memicu aktivitas vulkanik di Gunung Ruang. Gempa pada 9 April 2024 dengan kekuatan 6,4 magnitudo dan gempa pada 14 April 2024 dengan kekuatan 5,1 magnitudo memicu pergolakan vulkanik.

Gunung Ruang, dengan ketinggian 725 meter di atas permukaan laut, terletak di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, membentuk pulau terpisah.

PVMBG terus melakukan pemantauan visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles