spot_img

Bikin Segar dan Rileks, Ini Waktu Tidur Ideal Menurut Ahli

JAKARTA – Tidur sering kali dianggap sebagai kegiatan yang tidak produktif dan dianggap membuang waktu. Padahal, tidur yang cukup dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Dengan menjalankan pola tidur yang baik, fungsi tubuh seseorang dapat berjalan dengan optimal. Sehingga, dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti stres, diabetes, dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami berapa lama waktu tidur yang cukup agar kita bisa mendapatkan pola tidur yang sehat.

Hermawan Saputra, Ketua Umum Terpilih PP Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), menjelaskan bahwa waktu tidur yang ideal berada antara lima hingga delapan jam per hari.

“Sebaik-baiknya waktu untuk istirahat itu adalah pada pukul delapan atau sembilan sampai pukul empat atau lima subuh,” kata Hermawan dilansir dari Antara.

Meskipun pola tidur setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi fisik dan biologisnya, Hermawan menyarankan agar tidur dari pukul 20.00 atau 21.00 hingga pukul 04.00 atau 05.00 pagi

Hermawan juga mengatakan bahwa kebiasaan bangun dini untuk sahur selama bulan Ramadhan dapat membantu mengatur waktu tidur dengan lebih baik, karena tubuh akan terbiasa bangun pada waktu tersebut secara alami.

Pola tidur yang baik dapat diwujudkan dengan bangun lebih pagi, menghindari tidur terlalu malam, dan menjaga pola makan yang sehat.

Menurut Hermawan, pola tidur yang baik dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles