spot_img

Terhadap Zika, Waspadalah

Membiaknya Virus Zika, menambah daftar virus-virus berbahaya yang menyerang manusia. Sebelumnya, sudah akrab ditelinga kita virus Flu Burung, Flu Babi dan Virus Onta (SARS) yang semuanya mematikan.

Khususnya Zika, tak kalah berbahayanya dengan virus lainnya itu. Virus Zika dikaitkan dengan penyusutan otak pada bayi yang belum lahir sehingga menyebabkan kerusakan parah otak atau kematian. Selain kelainan otak dan ukuran kepala di bawah normal akibat virus Zika di Brasil, juga ditemukan penderita mengalami kerusakan parah pada bagian mata dan telinga.

Setengah dari 135 bayi yang diperiksa di pusat rehabilitasi kota Recife, Brasil, mempunyai kemampuan indra penglihatan yang terbatas akibat kerusakan saraf optik dan retina, kata dokter mata Camila Ventura. Selain itu, sebagian di antara bayi-bayi tersebut juga menderita juling.

“Mata mereka sulit digunakan untuk melihat. Sebanyak 40 sampai 50 persen dari mereka menderita cacat mata yang serius,” kata Ventura , dalam pernyataan sejumlah dokter setempat pada Kamis (28/1/2016) waktu setempat, seperti dikutip KBK dari Suara.com.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles