Vitamin B12 Memicu Jerawat

0
198

UCLA – Kebanyakan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B12 dapat membuat wajah Anda penuh jerawat.

Demikian hasil studi baru yang dirilis Huiying Li, Asisten Profesor Farmakologi David Geffen, di School of Medicine, UCLA. Studi ini menemukan bahwa, vitamin B12 dapat memicu bakteri untuk memompa keluar molekul inflamasi yang membentuk jerawat.

“Saya pikir ada hubungan antara vitamin B12 dan jerawat, kata Huiying Li, yang menjadi koordinator penulis penelitian tersebut.

“Masih banyak yang harus dipelajari agar benar-benar memahami bahwa B12 dapat menyebabkan jerawat,” katanya seperti dikutip KBK dari LiveScience, Kamis (25/6/2015).

Vitamin B12
Vitamin B12, disebut juga kobalamin, adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin ini merupakan salah satu dari delapan vitamin B. Umumnya, vitamin ini terlibat dalam metabolisme setiap sel dalam tubuh, terutama pengaruhnya pada sintesis dan regulasi DNA serta pada sintesis asam lemak dan produksi energi.

Kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini bagi orang dewasa adalah 2,4 mikrogram, dan 2,8 mikrogram untuk wanita hamil perhari. Kekurangan Vitamin B12 ini biasanya jarang terjadi, karena vitamin ini bisa disimpan selama bertahun-tahun dalam tubuh.

Kekurangan tetap bisa saja terjadi,  jika Anda tidak mendapatkannya secara cukup dari diet Anda. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kelelahan, depresi dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem saraf pusat, bahkan bisa menyebabkan palpitasi jantung, lidah merah, dan sakit atau mati rasa pada kaki. Kelebihan Vitamin B12 juga tidak baik, seperti hasil penelitian yang dipublish LiveScience, dapat menyebabkan jerawat.

10 Makanan yang mengandung Vitamin B12 Tertinggi

1. Kerang :
Kerang dapat dikonsumsi mentah, setengah matang, dipanggang atau dimasak. 3 ons kerang mengandung 94,1 ug vitamin B12, sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan sumber tertinggi Vitamin B12. Terlepas dari  itu, kerang juga merupakan sumber yang baik dari seng, tembaga, fosfor dan zat besi.

2 . Sereal :
Sereal siap makan mengandung sekitar 6,0 ug vitamin B12 per cangkir. Ambil hanya sereal yang terbuat dari biji-bijian, dan tidak banyak mengandung gula di dalamnya.

3 . Ikan Herring :
Ikan haring adalah ikan kecil yang menyediakan 6,6 ug vitamin B12 setiap 3 ons. Herring juga merupakan sumber asam lemak Omega 3 yang baik, yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menyehatkan wajah, serta membuat rambut berkilau.

4 . Salmon :
Salmon adalah makanan lain yang kaya vitamin B12, yaitu menyediakan 9.0ug untuk setengah fillet. Ikan ini juga menyediakan asam amino dan asam lemak omega 3 yang keduanya penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

5 . Kepiting dan Lobster :
Kepiting dan lobster pada umumnya disajikan dipanggang, dikukus atau bisque. Tiga ons kepiting mengandung 10 ug vitamin B12, sementara kepiting batu mengandung jumlah B12 yang relatif rendah. Lobster menyediakan 4,5 ug cobalamin per 100 gram.

6 . Keju:
Meskipun makanan ini mengandung kolesterol tinggi, keju adalah sumber kalsium, protein dan Vitamin B12. Jumlah vitamin ini dalam keju tergantung sepenuhnya dari pabrik pengolahannya. Keju Swiss misalnya mengandung maksimum  6,5 ug per 100 gram, yang berikutnya diikuti oleh Ghetto, Mozzarella dan keju parmesan.

7 . Telur :

Kuning telur ayam merupakan sumber terkaya vitamin B12, yaitu dengan 1,95 perporsi 100 gram. Telur angsa maksimal menyediakan 7,5 ug per 100 gramnya,  sedangkan telur bebek menyediakan 3,8 ug per 100 gram.

8 . Susu dan Produk Susu :

Susu dan produk susu adalah makanan yang paling banyak tersedia yang menjadi sumber Vitamin B12. 100 gram yogurt tanpa lemak menyediakan 0.46ug B12 per cangkir. Sereal yang diperkaya dengan susu juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi para vegetarian untuk mendapatkan Vitamin B12.

9 . Daging :
Daging kambing dan ayam juga merupakan sumber Vitamin B12 yang baik. Ayam menyediakan vitamin ini sekitar 13,7 ug per cangkir, sedangkan daging kambing akan memberikan 15,7 ug vitamin B12 per ounce. Mereka juga merupakan sumber tinggi protein, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut.

10 . Tiram :
Hewan Moluska juga merupakan sumber yang baik vitamin B12. Enam tiram ukuran menengah menyediakan 16,4 ug cobalamin. Tiram juga dianggap sebagai makanan super, karena kandungan zat besinya yang sangat inggi. Akan tetapi Tiram liar bisa mengandung tinggi zat kontaminan(logam berat),  jadi sebaiknya membeli tiram hasil budidaya.

Jadi yang wajahnya disenangi jerawat, hindarilah mengkonsumsi makanan di atas secara berlebihan. – Dari berbagai sumber

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here