Apa itu Frugal living? Ketahui Manfaat dan Kiat Menerapkannya

0
94
Ilustrasi. (Foto: Maybank)

JAKARTA – Frugal living sering menjadi topik populer di media sosial karena dapat membantu menjaga kestabilan keuangan. Gaya hidup ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan dan fokus pada pengeluaran yang hemat dan bijaksana.

Menurut Kanwil DJKN Kementerian Keuangan Sumatera Utara, frugal living berarti mengalokasikan uang secara bijak dan sadar untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Fokus utama dari gaya hidup ini adalah memenuhi kebutuhan dasar daripada mengutamakan keinginan konsumtif yang berlebihan, dengan mendorong hidup sederhana dan menghargai apa yang dimiliki.

Frugal living bukan berarti hidup dalam kekurangan atau murah, tetapi lebih pada kemampuan membuat keputusan bijak dalam pengeluaran uang, seperti membeli barang yang memberikan nilai tambah bagi hidup.

Anak muda yang terbiasa dengan gaya hidup konsumtif bisa menerapkan frugal living, seperti memilih membeli barang berkualitas tinggi yang tahan lama meskipun harganya lebih mahal.

Manfaat Frugal Living

Menerapkan frugal living memiliki banyak manfaat,  di antaranya:

  • Manajemen Keuangan Lebih Efisien

Dengan prinsip frugal living, seseorang dapat hidup cukup tanpa menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Hal ini mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pengelolaan keuangan, memungkinkan alokasi uang untuk menabung dan berinvestasi.

  • Mencegah Utang Berlebih

Memprioritaskan kebutuhan utama dan menyisihkan uang untuk dana darurat membantu menghindari risiko utang berlebihan.

Kiat Menerapkan Frugal Living

Frugal living bisa diterapkan oleh semua orang dengan penghasilan berapapun, berikut beberapa tipsnya:

  • Membuat Anggaran Keuangan

Rinci pengeluaran bulanan dan rencanakan anggaran berdasarkan pendapatan tetap. Patuhilah rencana tersebut, dan alokasikan anggaran untuk pengeluaran terduga dan tidak terduga.

  • Mencari Alternatif Murah

Gunakan transportasi umum, manfaatkan penawaran diskon atau promosi, dan gunakan fitur langganan untuk menghemat pengeluaran.

  • Menjual Barang Bekas

Barang bekas yang tidak terpakai di rumah bisa dijual untuk menghemat tempat dan menghasilkan uang tambahan.

  • Menahan Diri untuk Pengeluaran yang Tidak Penting

Hindari membeli barang yang tidak diperlukan. Belilah barang yang memberikan nilai tambah bagi hidup dalam jangka panjang.

  • Menabung untuk Kebutuhan

Menabung adalah kebiasaan penting dalam frugal living, memberikan rasa aman finansial dan membantu menghindari utang berlebihan.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here