spot_img

Berbagi Kebaikan Sampai Lintas Negara, Dompet Dhuafa Bagikan Daging Kurban di Afghanistan

JAKARTA – Dompet Dhuafa bersama Organisasi Pendidikan & Pengembangan Kapasitas Noor (NECDO) menyembelih lima sapi yang setara 200 kilogram daging di Kabul, Afghanistan pada Idul Adha 1444 H.

Lima hari menjelang kurban, Tim NEDCO melakukan persiapan kurban, mulai dari pemilihan sapi berkualitas, mobilisasi tim penyembelihan, pemilihan lokasi, hingga pengepakan daging.

Pada hari pelaksanaan kurban, yaitu Kamis (29/6/2023), atau pada 10 Zulhijah 1444 H, Tim NECDO melakukan pemotongan sekaligus melakukan distribusi daging kurban kepada 700 keluarga miskin, anak yatim, orang tua tunggal, dan penyandang disabilitas. Masing-masing memperoleh sebanyak dua kilogram daging sapi.

Diketahui NECDO merupakan kelompok relawan pendukung perempuan dan anak di Afghanistan di Kamp Pengungsi Afghanistan Peshawar di Pakistan yang kemudian memperluas aktivitas kemanusiaannya ke Afghanistan.

Sejak 2015, NECDO dipercaya melaksanakan program Ramadan dan Iduladha di berbagai provinsi Afghanistan dan memberikan manfaat kepada ratusan keluarga yang membutuhkan.

“NECDO sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk melakukan penyembelihan dan pembagian daging kurban di Iduladha 1444 H. Kami akan senang hati tetap menjadi mitranya di masa depan, insyaallah,” tutur salah satu perwakilan NECDO.

Selama 30 tahun Dompet Dhuafa berpengalaman dalam menghelat Program THK. Berawal dari pengentasan defisit daging kurban di daerah terpencil Indonesia, THK memperluas sasarannya hingga ke daerah-daerah konflik di luar negeri.

THK menjadi simbol harapan bagi kemanusiaan. Tahun 2002 menjadi momen pertama Dompet Dhuafa melaksanakan THK di Afghanistan sebagai bentuk respons atas dampak konflik kemanusiaan di sana.

“Alhamdulillah, THK dapat terlaksana di Afghanistan. Kurban menjadi momen mendekatkan, simbol tali silaturahmi antarsaudara. Semoga bermanfaat dan berkah bagi penerima manfaat di sana,” tutur Arif Rahmadi Haryono selaku GM Aliansi Strategis dan Advokasi Dompet Dhuafa.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles