BMKG: Siklon Tropis 17W Picu Puting Beliung hingga Hujan Es

0
183
Ilustrasi puting beliung landa Wajo/ FB Ambu Lolo

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa bibit siklon tropis 17W yang terdeteksi di Samudra Pasifik Barat, utara Papua, berpotensi menyebabkan puting beliung dan hujan es di sebagian timur Indonesia.

Bibit siklon ini bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1006,1 milibar, mengakibatkan peringatan kepada masyarakat di wilayah tersebut untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, terutama angin kencang selama periode peralihan musim.

Prakirawan BMKG, Erika, mengungkapkan bahwa bibit siklon tropis 17W berpotensi berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam mendatang. Hasil analisis citra satelit juga menunjukkan pertumbuhan awan signifikan di sejumlah wilayah, termasuk Sumatra, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Gorontalo.

“Kami imbau masyarakat yang berada di wilayah tersebut untuk waspada akan adanya potensi puting beliung hingga hujan es yang dapat terkait dengan angin kencang di periode peralihan musim ini,” kata Erika.

BMKG juga memberikan peringatan dini terkait potensi angin dengan kecepatan 10 sampai 40 km per jam di wilayah Aceh, Palembang, dan Jawa Barat; hujan ringan hingga lebat di Banda Aceh dan Pekanbaru; serta hujan lebat disertai kilat di Medan, Padang, Tanjungpinang, Jambi, dan Pangkal Pinang.

Hujan juga diprakirakan melanda berbagai kota besar seperti Jakarta, Serang, Semarang, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Samarinda, Palangka Raya, Banjarmasin, Gorontalo, dan Makassar.

Sumber: Antara

Advertisement div class="td-visible-desktop">