Buka Puasa Bersama, Turki Bahagiakan Rakyat Gaza

0
148

GAZA – Senyuman tersungging di bibir masyarakat Gaza, ketika jamuan disuguhkan untuk berbuka puasa. Kali ini, mereka diajak untuk keluar dari trauma agresi Israel yang telah merenggut nyawa saudara mereka dan memporak-porandakan rumah serta kota mereka tahun lalu.

Saudara mereka seiman datang dari Turki untuk berbagi senang dengan masyarakat Gaza. sekitar 1000 fakir miskin Palestina memenuhi Masjid Agung al Umari di Timur Kota Gaza. Di situlah silaturahim dipererat dan bahagia dibagikan, Ahad (21/6/2015).

Nampak hadir dalam acara itu Pimpinan Urusan Agama Turki bersama Badan Koordinasi dan Kerjasama Turki (TIKA), Wakil Departemen Luar Negeri Palestina di Gaza, Ghasi Hamad dan Wakil Ketua Dewan Legislatif Palestina Dr. Ahmad Bahar, bersama sejumlah pejabat Palestina lainnya.

Mewakili rakyat Palestina, Ahmad Bahar menyampaikan sambutan apresiasi rakyat Palestina terhadap Turki.

“Turki mulai dari kepresidenan, pemerintah dan rakyat secara kontinyu dan aktif bersama rakyat Palestina dan mendukungnya pada semua level politik, ekonomi, sosial dan kemanusiaan melalui segala sarana dan kemampuan yang ada,” kata Bahar seperti dikutip KBK dari Infopalestina.com.

Ditambahkannya Rakyat Palestina tidak akan melupakan sikap Turki yang mendukung rakyat Palestina sesjak era Sultan Abdul Hamid II, yang menolak menjual al Quds dan memberi Yahudi tanah air nasional di atas tanah Palestina.

Bahar menyerukan kepada pemerintah dan rakyat di dunia Islam dan Arab agar bekerja demi membebaskan blokade yang terus berlangsung atas Jalur Gaza sejak lebih 8 thaun berturut-turut.

Sementara itu Dubes Turki untuk Palestina, Mustafa Sarnch mengatakan, “Buka puasa ini didanai oleh pimpinan urusan agama Turki bersama Badan Koordinasi dan Kerjasama Turki (TIKA), dan ini merupakan hadiah untuk rakyat Palestina di Gaza.

Dia menambahkan bawa kegiatan ini akan terus dilanjutkan selama bulan Ramadhan, untuk memberikan bantuan ke Jalur Gaza, di antaranya adalah 50 ribu paket makanan dan seribu porsi makan untuk setiap pekan bagi keluarga miskin.

Dia menyatakan bahwa IHH Turki, Bulan Sabit Merah Turki dan sejumlah lembaga Turki akan memberikan bantuan selama Ramadhan di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Dubes Turki berjanji akan melanjutkan pelaksanaan proyek besar Turki di Jalur Gaza, terutama pembangunan 1000 unit rumah, rumah sakit persahabatan Palestina Turki dan lapangan sepak bola

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here