Cegah Depresi pada Lansia karena Kesepian

0
93

JAKARTA – Kesepian atau loneliness adalah suatu keadaan mental dan emosional yang ditandai dengan perasaan kehampaan dan kesunyian. Kesepian ini sering dialami oleh orang lanjut usia atau lansia.

Biasanya, orang lanjut usia ingin menjalani hidup bersama dalam kebahagiaan dan berbagi kesuksesan. Namun, ada satu keadaan yang menyebabkan mereka merasa kesepian.

Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia, Kasandra Putranto, menyatakan bahwa lansia perlu menjaga komunikasi dan tetap terhubung secara sosial untuk mencegah depresi akibat kesepian.

“Lansia perlu menjaga hubungan sosial dengan keluarga, teman, dan komunitas. Terlibat dalam kegiatan sosial seperti klub, kelompok seni, atau kegiatan sukarela dapat membantu mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan kualitas hidup,” kata Kasandra dilansir dari Antara.

Lansia juga bisa memanfaatkan teknologi seperti telepon, komputer, atau media sosial untuk tetap terhubung dengan orang lain. Mereka bisa menggunakan telepon atau panggilan video untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman yang jauh.

Kasandra menjelaskan bahwa komunikasi tidak hanya terbatas pada manusia, tetapi juga bisa dilakukan dengan hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan dapat memberikan perasaan kasih sayang dan kehadiran yang mengurangi rasa kesepian.

Selain itu, lansia dapat mencari kegiatan menarik lainnya seperti berjalan-jalan, yoga, berkebun, atau aktivitas mental seperti membaca, menulis, atau belajar hal baru untuk mengusir kebosanan.

“Jika lansia merasa terlalu kesepian atau mengalami depresi yang berat, penting untuk mencari bantuan profesional. Psikolog atau konselor dapat membantu lansia dalam mengatasi perasaan kesepian dan depresi dengan memberikan dukungan dan terapi yang sesuai,” tutur Kasandra.

Kasandra mengatakan bahwa penelitian menunjukkan orangtua yang menjaga komunikasi baik dan hangat dengan anak-anak mereka cenderung memiliki anak yang lebih baik dalam pergaulan sosial. Serta, mengalami gangguan kecemasan dan depresi yang lebih sedikit.

Keluarga bisa memberikan dukungan sosial kepada lansia dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan sosial, menjaga hubungan baik dengan keluarga dan teman, serta memastikan lansia merasa didukung dan tidak terisolasi.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here