spot_img

Dahsyat! Ini Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua, Pintu Rezeki hingga Rida Allah

JAKARTA – Salah satu perintah Allah yang harus dilakukan oleh setiap muslim adalah birrul walidain, yang berarti berbakti kepada orang tua. Allah sangat menyukai amalan ini, sehingga terdapat lima keutamaan dalam memuliakan orang tua yang perlu diketahui:

  • Amalan yang Paling Utama

Berbakti kepada kedua orang tua merupakan amalan yang paling utama dan dicintai oleh Allah. Hal ini disebutkan dalam hadis Rasulullah tentang tiga amalan yang paling disukai Allah, yaitu salat tepat waktu, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad di jalan Allah.

“Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah? Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menjawab, pertama salat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan salat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah.” (Hadis Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9)

  • Membuka Pintu Rezeki

Keutamaan berbakti kepada kedua orang tua yang lain yaitu membuka pintu rezeki. Rezeki bukan hanya sejenis materi, namun juga kebutuhan hidup, seperti kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang.

Sesungguhnya Allah menurunkan rezeki kepada anak yang mendoakan dan membahagiakan orang tuanya dengan tulus dan ikhlas.

Rasulullah bersabda dalam hadis bahwa anak yang senantiasa menjaga hubungan baik dengan kedua orang tuanya akan Allah luaskan rezekinya:

“Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari 7/72, Muslim 2557, Abu Dawud 1693)

  • Doa Orang Tua Bikin Tidak Menyerah Hadapi Rintangan

Pernahkah Anda merasa keadaan sedang tidak berpihak? Lalu, Anda mengetahui kalau orang tua selalu mendoakanmu setelah salat, semuanya akan terasa baik-baik saja.

Saat Anda selamat dari masalah, itulah kuasa Allah mengabulkan doa kedua orang tuamu. Hal tersebut terjadi pada orang-orang di zaman Rasulullah yang memperlakukan orang tuanya dengan baik.

  • Bentuk Tobat kepada Allah

Dalam beberapa hadis, Rasulullah menganjurkan orang yang ingin berjihad untuk merawat orang tuanya, contohnya yaitu mengurus bapak atau ibu yang sakit. Allah akan memberi ganjaran surga bagi anak yang berbakti  karena Allah tahu merawat orang tua di waktu sepuh adalah pekerjaan yang sulit.

Dari Abdullah bin Ash ia berkata;

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu meminta kepada beliau untuk berjihad. Maka beliau bersabda, ‘Apakah kedua orang tuamu masih hidup?’ ia menjawab, ‘Ya.’ Beliau pun bersabda, ‘Maka bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada keduanya’.” (HR Al Bukhari dan Muslim)

  • Rida Allah Ada pada Rida Orang Tua

“Rida Allah tergantung kepada keridaan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.” (Hadis Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad [2], Ibnu Hibban [2026-Mawarid-], Tirmidzi [1900], Hakim [4/151-152])

Ada banyak cara untuk berbakti kepada orang tua, salah satunya dengan berwakaf. Ekspresikan cintamu dengan wakaf. Yuk, berikan hadiah terbaik, hadirkan senyuman untuk orang tua.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles