spot_img

DMC DD Gulirkan Aksi Medis Jemput Penyintas Pulau Tagulandang

SITARO – Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin (FK UNHAS) dan Dompet Dhuafa Sulawesi Utara melalui Disaster Management Center (DMC) menggencarkan aksi medis bagi penyintas erupsi Gunung Ruang di Pulau Tagulandang.

Tepatnya di Desa Balehumara dan Desa Lesah, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) para tim medis, pada Sabtu (11/05/2024) menjemput penyintas yang mengungsi mandiri di rumah. Sebanyak 60 orang lebih menjadi penerima manfaat layanan ini.

“Mayoritas gejala itu (ISPA) dan hipertensi,” ujar dr. Brayen Mandey Samatara selaku tim TBM Calcaneus FK UNHAS sesuai membuka pelayanan.

Gejala ISPA dikarenakan dampak erupsi gunung berupa debu-debu dan kerikil yang memadati wilayah warga. Debu-debu dan kerikil juga memadati pekarangan rumah hingga bagian dalam.

Sedangkan hipertensi diduga akibat penggunaan garam yang berlebih lantaran warga Pulau Tagulandang merupakan wilayah kepulauan yang dikelilingi pantai.

Layanan medis kolaborasi TBM Calcaneus FK UNHAS dan Dompet Dhuafa Sulawesi Utara akan terus digencarkan hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Pasalnya warga masih membutuhkan pertolongan, terutama layanan medis dan kebutuhan hidup dasar.

“Kami masih akan terus membersamai penyintas erupsi Gunung Ruang untuk memberikan pelayanan dan bantuan terbaik kami. Doakan kami selalu,” jelas Erwandi ‘Bojek’ Saputra selaku Koordinator Penanganan Erupsi Gunung Ruang DMC Dompet Dhuafa.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles