DMC Dompet Dhuafa Berpartisipasi Tanam Bakau di Ternate

0
109
Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman bibit pohon mangrove di pesisir Pantai Kastela, Kelurahan Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (14/6/2024). (Foto: DMC DD)

TERNATE – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman bibit pohon mangrove di pesisir Pantai Kastela, Kelurahan Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (14/6/2024).

Bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Ternate serta beberapa pemangku kepentingan lainnya, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemerintah Kecamatan Kastela, EcoBhinneka Muhammadiyah, TNI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), dan SDN 58 Kota Ternate, DMC Dompet Dhuafa menanam sekitar 70 bibit pohon mangrove di pesisir Pantai Kastela.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemkot Ternate dengan tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan, Ternate Sehat, Ternate Bersih” dan dihadiri Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Tauhid sangat antusias terhadap keberlanjutan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini adalah bentuk komitmen Pemkot Ternate untuk mewujudkan lingkungan Ternate yang bersih dan sehat.

“Salah satu dalam kegiatan ini, berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup sehingga Pemkot akan bersinergi dengan instansi terkait bersama-sama masyarakat untuk mengatasi sampah. Karena, upaya penanganan sampah itu harus dilakukan secara bersama-sama, maka persoalan sampah dapat diatasi dengan baik. Sebagai Wali Kota, saya akan terus mendorong agar DLH terus bekerja sama dengan berbagai pihak di Ternate untuk mengatasi sampah,” ucap Tauhid.

Dalam kegiatan tersebut, ditemukan banyak sampah plastik di pesisir Pantai Kastela. Pengelolaan limbah padat, terutama plastik, perlu ditindaklanjuti dengan manajemen sampah yang baik.

Alya Putri Firdaus, Staf Kesiapsiagaan dan Mitigasi Adaptasi Perubahan Iklim (KMAPI) DMC Dompet Dhuafa, menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup di Kota Ternate.

“Selain berkontribusi dalam menjaga kebersihan pantai dan menanam bibit mangrove, DMC juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin koordinasi dan mengembangkan relasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan kolaborasi dalam program waste management di Kota Ternate,” ujar Alya.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here