spot_img

Empat Kecamatan di Bengkulu Dilanda Banjir Luapan Sungai Ketahun

BENGKULU – Empat Kecamatan di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu dilanda banjir akibat hujan deras yang turun di daerah itu sepanjang Senin malam hingga Selasa pagi (16/4).

Hujan deras tersebut menyebabkan Sungai Ketahun meluap, dan air menggenangi pemukiman warga.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebong Tantomi menjelaskan empat kecamatan yang terdampak banjir ini ialah Kecamatan Topos, Lebong Sakti, Uram Jaya, dan Beringin Kuning.

Banjir yang terjadi kali ini, kata dia, hampir sama dengan yang terjadi 29 tahun lalu tepatnya Tahun 1995. Kendati demikian tidak ada korban jiwa, namun nilai kerugian material diperkirakan hingga miliaran rupiah.

“Ada puluhan rumah warga yang mengalami kerusakan, terutama di bagian dapur yang hanyut. Kemudian sawah, jembatan gantung ada lima unit yang terputus, ternak ada juga namun belum ada laporan berapa jumlahnya, jalan dan lainnya,” kata Tantomi.

Sejauh ini Pemkab Lebong di lokasi kejadian bersama dengan TNI/Polri, relawan, unsur pemuda, dan warga, kata dia, sudah mendirikan posko penanggulangan bencana serta melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir ke tempat-tempat yang aman maupun ke rumah keluarga mereka yang berada di lokasi tidak terkena banjir.

Menurut dia, kecamatan-kecamatan yang terkena banjir tersebut sudah ditinjau langsung oleh Bupati Lebong bersama dengan Kapolres Lebong dan Dandim 0409/Rejang Lebong guna menyalurkan bantuan.

Dia mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Ketahun dan beberapa daerah lainnya yang rawan terjadi bencana untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri mengingat cuaca saat ini masih ekstrem dan sulit diprediksi.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles