Gempa 6.4 SR Guncang Kawasan Uighur

0
82

BEIJING—Gempa berkekuatan 6.1 SR mengguncang wilayah barat Tiongkok, tepatnya di Provinsi Xinjiang. Demikian dilaporkan US Geological Survey (USGS), Jumat (3/7/2015).

Pusat gempa berada di 164 km barat laut kota Hotan. Sementara Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok melaporkan, gempa 6.5 SR berpusat di 131 km tenggara Sache, yang dalam bahasa Uighur dikenal dengan Yarkand. Uighur adalah komunitas minoritas muslim di Tiongkok yang mendiami Provinsi Xinjiang.

Dalam laporan USGS pusat gempa diperkirakan berada di kedalaman 20km. Selama ini Tiongkok kerap diguncang gempa, khususnya di wilayah bagian barat daya, yaitu Sichuan dan Yunnan.

Pada bulan Mei 2008, gempa  berkekuatan 7,9 SR mengguncang Sichuan, menewaskan lebih dari 80.000 orang dan meratakan kawasan ini. Gempa ini menjadi yang terburuk sejak tiga dekade belakangan.

Oktober tahun lalu, ratusan orang terluka dan lebih dari 100.000 mengungsi setelah gempa 6.0 SR melanda provinsi Yunnan, perbatasan China dengan Myanmar dan Laos. Agustus tahun lalu, gempa 6,1 skala Richter juga melanda Yunnan, dan  menewaskan lebih dari 600 orang.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here