Gunung Raung Catat Aktivitas Gempa Tertinggi Sejak Status Siaga

0
78

BANYUWANGI – Aktivitas vulkanis Gunung Raung terus mengalami peningkatan pada hari Rabu (05/08/2015). Gempa tremor dengan dominan amplitudo 31 milimeter atau lebih tinggi dari hari sebelumnya terus menerus terjadi.

Kegempaan tersebut merupakan tingkat kegempaan tertinggi dari gempa tremor yang tercatat sejak Gunung Raung dinyatakan siaga pada 29 Juni 2015. Sedangkan asap berwarna coklat kemerahan tebal terus menyembur dari puncak Gunung Raung dengan ketinggian 1.000 meter mengikuti arah angin condong ke selatan dan tenggara.

Dapur magma Gunung Raung sendiri masih terus menyemburkan lava pijar dan jatuh di dalam Kaldera Raung hingga terlihat cahaya api seiring suara gemuruh dan dentuman dengan rentan waktu kurang dari 10 detik.

“Akibat peningkatan aktivitas tersebut, pagi ini 21 wilayah kecamatan di Banyuwangi serta sebagian wilayah Kabupaten Jember dan Bondowoso, Jawa Timur, dilanda hujan abu,” demikian laporan yang dilansir dari Okezone, Rabu (05/08/2015).

Meski demikian, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Raung di Dusun Mangaran Timur mengimbau masyarakat tetap tenang dan menjauh dari zona bahaya. PVMBG juga merekomendasikan jarak aman sejauh 3 kilometer dari puncak Gunung Raung.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here