spot_img

IMF: Perekonomian Timur Tengah Tertinggal akibat Perang Gaza

DUBAI – Dana Moneter Internasional (IMF) mengingatkan pada Minggu (11/2) bahwa perekonomian Timur Tengah tertinggal dan berada di bawah proyeksi pertumbuhan karena pengurangan produksi minyak dan konflik Israel-Gaza.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva kepada Forum Fiskal Arab di Dubai,  memperingatkan potensi dampak yang lebih luas terhadap perekonomian regional jika berlanjutnya konflik di Gaza.

Dalam laporan ekonomi regional bulan lalu, IMF merevisi perkiraan pertumbuhan PDB untuk Timur Tengah dan Afrika Utara turun menjadi 2,9% tahun ini, tertinggal di bawah proyeksi bulan Oktober, sebagian disebabkan oleh pengurangan produksi minyak jangka pendek dan konflik di Gaza.

IMF bulan lalu menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global lebih tinggi, meningkatkan prospek Amerika Serikat dan Tiongkok dan menyebutkan penurunan inflasi yang lebih cepat dari perkiraan.

Georgieva mengatakan negara-negara tetangga Israel dan wilayah Palestina melihat konflik ini membebani pendapatan pariwisata, sementara serangan di Laut Merah membebani biaya pengiriman secara global.

“Faktor-faktor tersebut menambah tantangan perekonomian yang masih dalam tahap pemulihan dari guncangan sebelumnya,” katanya pada forum tersebut di sela-sela KTT Pemerintah Dunia di Dubai.

spot_img
SourceVOA

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles