spot_img

Kekeringan Ekstrem Landa Empat Kabupaten di NTT

KUPANG – Kekeringan ektrem terjadi di empat kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengalami hari tanpa hujan berturut-turut.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris Geru di Kupang, Selasa (12/6), mengatakan empat kabupaten yang mengalami kekeringan ekstrem itu adalah Kabupaten Sumba Timur sekitar wilayah Temu/Kanatang dan Kawangu, Kabupaten Nagekeo sekitar Danga, Kabupaten Lembata sekitar Wulandoni, dan Kabupaten Rote Ndao sekitar Feapopi.

Berdasarkan hasil monitoring Hari Tanpa Hujan berturut-turut (HTH) dasarian I Juni 2018 mencatat, Provinsi NTT pada umumnya mengalami kriteria Hari Tanpa Hujan dengan kategori pendek (6-10) hari hingga sangat panjang (31-60) hari.

“Tetapi ada beberapa wilayah yang sudah mengalami hari hujan tanpa hujan dengan kategori kekeringan ekstrem (lebih 60) hari,” katanya, dilansir Antara.

Hasil analisis curah hujan dasarian I Juni 2018 pada umumnya wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori rendah (0-50 mm).

Namun, di sebagian kecil Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan sebagian kecil Kabupaten Malaka mengalami curah hujan dengan kategori menengah (51-150 mm).

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles