Kemenkes: Pasien Sembuh Hepatitis Akut Bisa Alami Reinfeksi

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan pasien yang telah sembuh dari dugaan hepatitis akut misterius dapat tertular kembali atau mengalami reinfeksi.Juru

“Sama kayak Covid-19 dulu, kalau sudah pulang bisa kena Covid-19 lagi? Bisa, nah sama seperti hepatitis ini, kalau ketemu lagi sumber penularan yang disebut dengan reinfeksi,” kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam keterangan pers di Gedung Kemenkes di Jakarta, Rabu (18/5).

Meski begitu, ia menegaskan pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari dugaan hepatitis akut misterius tidak akan menulari orang lainnya.

Ia berkata, saat ini pihaknya mencatat ada empat pasien yang telah sembuh dari dugaan hepatitis akut misterius. Pasien diperbolehkan pulang setelah dinyatakan secara klinis tidak memiliki keluhan gejala seperti demam, mual, muntah dan lainnya.

“Ada 4 (orang) yang sembuh dipulangkan, artinya dia sembuh secara klinis tidak ada lagi keluhan dan secara laboratorium normal, dan pasien ini tidak menulari lagi,” ujarnya, dilansir CNNIndonesia.