spot_img

Status Gunung Sinabung Turun jadi Siaga

KARO – Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra mengatakan status Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara turun dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga).

“Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta potensi ancaman bahayanya, dinilai tingkat aktivitas Sinabung dapat diturunkan dari Level Siaga ke Level Waspada terhitung mulai 17 Mei 2022 pukul 21 WIB,” katanya, Kamis (19/5).

Armen mengatakan visual Gunung Sinabung periode 1 Januari – 17 Mei 2022 didominasi oleh asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 50-500 meter dari puncak. Guguran masih terjadi, namun secara visual, jarak dan arah luncuran tidak teramati.

“Jumlah kegempaan vulkanik dalam maupun vulkanik dangkal dalam kurun waktu 4 bulan terakhir secara umum mengalami penurunan,” katanya.

Berdasarkan data deformasi dalam kurun waktu empat bulan terakhir, kegempaan cenderung fluktuatif dengan tren menurun.

Menurut Armen secara visual pada periode 1 Januari – 17 Mei 2022 hembusan gas vulkanik masih sering terjadi dan teramati. Sedangkan guguran sesekali masih terjadi, namun jarak dan arah luncuran tidak teramati.

“Selain itu terjadi pertumbuhan kubah lava pada kepundan sebelah tenggara dalam laju rendah yang diindikasikan oleh gempa fasa banyak. Kubah lava masih berpotensi menghasilkan guguran lava atau aliran piroklastik,” terangnya.

Kemudian, tambah Armen, suplai dan migrasi magma dari kedalaman menuju permukaan terindikasi oleh gempa vulkanik dalam jumlah yang berfluktuatif dan relatif rendah. Aktivitas vulkanik belum menunjukkan adanya perubahan yang signifikan.

“Berdasarkan data pengamatan multi-parameter terkini dapat disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Sinabung saat ini menunjukkan kecenderungan stabil namun potensi letusan atau erupsi masih ada, ” paparnya, dilansir CNNIndonesia.

Namun begitu, Armen tetap mengingatkan agar masyarakat atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di desa – desa yang sudah direlokasi, di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 4,5 km untuk sektor selatan-timur Gunung Sinabung.

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles