Lagi, 5000 Imigran Diselamatkan di Laut Mediterania

0
105

ITALIA–Lebih dari 5 ribu imigran asal Afrika diselamatkan di laut mediterania oleh Tentara Angkatan Laut Italia, Malta, dan Inggris. Mereka hendak menyebrang ke Eropa dengan kapal motor yang kondisinya mengkhawatirkan. Otoritas Uni Eropa mengatakan, sedikitnya ada 17 mayat juga yang dibawa ke daratan Sisilia oleh Angkata Laut Italia.

“Ini adalah gelombang terbesar imigran selama tahun 2015,” kata Direktur Eksekutif Frontex Fabrice Leggeri dalam sebuah pernyataan tertulis, yang dikutip KBK dari Al Jazeera, Senin (1/6/2015).

Belakangan ini, lalu lintas Mediterania sangat intens dilalui kapal-kapal imigran dari Libya yang ingin menyeberang ke Eropa. Mereka adalah pengungsi dan pencari suaka yang ingin mengadu nasib di daratan Eropa.

Italia adalah pintu masuk para imigran dari Libya ini. Sejak negara ini bergejolak yang diikuti dengan tumbangnya rezim Khadafi, ribuan orang berusaha keluar dari Libya karena kondisi ekonomi yang tak pasti. Peran oknum penyelundup manusia juga berperan besar dalam arus imigran ke Eropa. Mereka mempertaruhkan nyawa menyeberangi lautan luas untuk sebuah harapan.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), hingga saat ini, sekitar 1.770 pria, wanita dan anak-anak tewas atau menghilang di tengah perjalanan laut mereka.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here