spot_img

Nepal Negeri Langganan Gempa Dahsyat

NEPAL termasuk negara yang rawan dilanda gempa bumi, karena Nepal tak punya kawasan laut. Kawasan Nepal  berada di lingkaran pegunungan aktif, antara lempeng tektonik India dan Tibet.

Sebelum Gempa Sabtu (25/04/2015), sekelompok peneliti asal Perancis telah memprediksi kejadian ini. Mereka sempat melakukan penelitian sesaat sebelum gempa berkekuatan 7,9 skala ritcher mengguncang Nepal.

Laurent Bollinger dan rekan-rekannya dari lembaga penelitian CEA di Perancis, menemukan pola sejarah gempa saat melakukan penelitian di Nepal bulan lalu, dan mereka sudah mengantisipasi akan terjadi gempa bumi besar yang persis di mana lokasi terjadi gempa besar hari Sabtu lalu.

Mereka melakukan penelitian di hutan Nepal bagian selatan serta tengah, dan melakukan penggalian sepanjang patahan gempa berjarak 1.000 kilometer dari arah barat ke timur.

Para peneliti ini juga melakukan penggalian berdasarkan teks-teks kuno yang menyebutkan sejumlah gempa besar di masa lampau, tetapi menemukan lokasinya sangat sulit.

Dalam laporannya yang disampaikan kepada Nepal Geological Society, dua pekan lalu, Bollinger mengatakan, “Kami menunjukkan bahwa patahan ini tidak menyebabkan gempa besar di tahun 1505 dan 1833. Perpindahan besar terjadi pada tahun 1344.”

Sebelumnya, tim telah bekerja pada lempengan yang terletak di sebelah timur Kathmandu, dan telah menunjukkan bahwa patahan ini mengalami gempa besar tahun 1255, dan kemudian terjadi lagi pada tahun 1334.

Ketika Bollinger dan rekan-rekannya melihat pola bersejarah ini benar terjadi di masa lalu, mereka menjadi sangat prihatin.

“Kami dapat melihat baik Kathmandu dan Pokhara akan mengalami gempa yang mengubah patahan utama, kemungkinan yang terbesar sejak pertama kali terjadi sejak 1344,” kata peneliti memperingatkan, saat itu.

Dan mereka juga mengisyaratkan bahwa gempa pada hari Sabtu lalu, merupakan pendahuluan dari kemungkinan yang paling besar sehingga sampai mengangkat pecahan ke permukaan bumi.

Dari catatan sejarah, gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Richter (SR) yang melanda Nepal Sabtu (25/04/2015) sekitar pukul 11.20 waktu setempat, sejatinya bukan yang pertama terjadi. Gempa Sabtu itu memang termasuk paling dahsyat setelah gempa tahun 1934 yang menewaskan lebih dari 16.000 orang di Nepal dan India.

Berikut daftar gempa besar yang pernah mengguncang negeri Himalaya ini:

1. 15 Januari 1934
Gempa berkekuatan 8,0 SR  dikenal sebagai salah satu gempa paling dashyat dalam sejarah negeri ini. Gempa ini dikenal dengan sebutan Gempa Bihar-Nepa, menewaskan lebih dari 16.000 orang di Nepal dan India. Gempa ini juga merobohkan sejumlah bangunan bersejarah termasuk Menara historis Dharahara yang kemudian dibangun kembali namun kembali roboh dalam gempa Sabtu kemarin.

2. 29 Juli 1980
Gempa 6,5  SR di sebelah barat Nepal menewaskan lebih dari seratus penduduk, merobohkan ribuan bangunan dan ikut menewaskan hewan-hewan ternak

3. 20 Agustus 1988
Kali ini gempa menggoyang perbatasan India dan Nepal. Lebih dari 1.000 orang di kedua negara tewas akibat gempa dengan kekuatan 6,8  SR ini. Kekuatan gempa bahkan dirasakan hingga ibukota India New Delhi, Bangladesh, hingga Myanmar.

4. 18 September 2011
Gempa berkekuatan 6,9 SR menewaskan 16 orang di India dan Nepal. Sejumlah bangunan hancur.

5. 25 April 2015
Gempa berkekuatan 7,9 SR yang melanda Nepal hari ini sekitar pukul 11.20 waktu setempat menewaskan lebih 3000 orang.

Selain gempa-gempa besar, Nepal kerap diguncang gempa berkekuatan kecil. Seperti  tahun 1993 gempa ringan di bagian tengah dan barat negara yang dulunya berbentuk monarki konstitusional ini, menewaskan seorang warga. Kemudian tahun 2001 gempa ringan menewaskan 2 orang, tahun 2002, lebih dari 50 orang terluka, dan tahun 2003, gempa menewaskan 2 orang.- Kompas/CNN/BBC/MEP

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles