Omega 3 Selamatkan Anak dari Gangguan Mental

0
133

LONDON – Untuk anak-anak muda yang berisiko tinggi terkena skizofrenia atau gangguan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah, kini sudah ada harapan baru untuk menghindarinya.

Sebuah makalah ilmiah yang diterbitkan dalam Jurnal Nature Communications, Selasa (11/8/2015) lalu, menuliskan, dengan melakukan intervensi selama 12-minggu mengkonsumsi suplemen omega-3, maka akan dapat mengurangi risiko jangka panjang menghindari seseorang mendapat gangguan psikotik.

Para peneliti dari Australia dan Austria melakukan penelitian bersama selama hampir tujuh tahun. Mereka melihat bagaimana efek dari omega-3 pada risiko gangguan psikotik.

Skizofrenia biasanya muncul pada masa remaja atau awal masa dewasa dan mayoritas mereka yang terkena dampak secara bertahap mengembangkan berbagai tanda dan gejala klinis yang signifikan.

Pada studi sebelumnya menyatakan, kurangnya omega-3 dan omega-6 terlihat pada sejumlah kondisi kesehatan gangguan mental.  Beberapa percobaan pun dilakukan dan menunjukkan bahwa suplementasi dengan omega-3 PUFA, dapat mengurangi gejala psikotik.

Pada tahun 2010, para peneliti melaporkan bahwa suplemen makanan omega-3 PUFA, yang diberikan kepada peserta berusia 13 sampai 25 dapat mencegah gangguan psikotik sampai satu tahun.

Laporan baru menunjukkan bahwa intervensi ini memiliki efek jangka panjang bahkan setelah periode 6 dan 7 tahun. Suplemen ini diberikan kepada 81 peserta.

Seperti dilaporkan Xinhua, Kamis (13/8/2015), penelitian ini akan terus dilakukan dengan memperluas sampel.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here