Pasar Johar Semarang Terbakar

0
197

SEMARANG – Api membakar Pasar Johar Semarang, Sabtu (9/5/2015) malam. Api mulai melalap bangunan pasar yang menjual buah dan berbagai barang kebutuhan sandang ini.

Dalam sekejap api membesar dan menjalar ke komplek Pasar Yaik yang berada di sebelah barat bangunan utama pasar.

Petugas pemadam kebakaran yang sempat berkonsentrasi memadamkan api di bangunan utama memindahkan selang-selang airnya ke area Pasar Yaik.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran terus didatangkan untuk memadamkan api. Merembetnya api tersebut diduga disebabkan hembusan angin yang cukup kendang di sekitar lokasi.

Warga memadati ruas jalan di sekitar lokasi kebakaran yang terjadi di Pasar Johar Semarang, sehingga menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

Selain menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di sekitar Pasar Johar, kerumunan warga juga menyulitkan sejumlah pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangannya.

Sejumlah anggota kepolisian terlihat menutup beberapa akses jalan dan menghalau warga yang tidak berkepentingan agar menjauh dari lokasi kebakaran.

Arus lalu lintas di Jalan Agus Salim, Jalan Pemuda, Jalan KH. Wahid Hasyim terpaksa dialihkan guna menghindari kemacetan lalu lintas yang lebih parah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran di Pasar Johar yang merupakan bangunan cagar budaya tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Hingga pukul 23.30 WIB, api yang membakar pasar terbesar di Kota Semarang itu belum berhasil dipadamkan oleh puluhan petugas pemadam kebakaran yang mengerahkan belasan unit mobil pemadam kebakaran.

Berdasarkan pantauan di lokasi kebakaran di Semarang, Minggu dini hari, embusan angin yang cukup kencang menyulitkan puluhan petugas dalam memadamkan kebakaran.

Selain embusan angin kencang, jenis barang dagangan pedagang seperti pakaian dan buku juga mempercepat api menjalar ke seluruh bangunan pasar terbesar di Kota Semarang, Jateng.

Petugas pemadam bahkan terpaksa beberapa kali mengisi ulang truk tangki yang digunakan menyemprotkan air ke bangunan yang terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran di Pasar Johar yang merupakan bangunan cagar budaya tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Bangunan lantai satu pasar tersebut digunakan oleh sebagian besar oleh pedagang pakaian, sementara lantai dua ditempati pedagang buku.

Hingga pukul 00.10 WIB, api masih membakar pasar yang terdapat 1.000 pedagang dengan nilai transaksi uang mencapai belasan hingga puluhan miliar rupiah per hari.

Kebakaran diduga berawal dari salah satu kios pakaian. Belum diketahui penyebab awal kebakaran, namun dugaan awal peristiwa itu disebabkan hubungan pendek arus listrik.

Pasar yang dibangun tahun 1937 tersebut merupakan hasil rancangan arsitek asal Belanda Thomas Karsten – Antara

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here