spot_img

Puasa Aman bagi Penderita Asam Lambung

JAKARTA – Gangguan pencernaan seperti mag, asam lambung atau GERD, menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi beberapa orang yang menjalani ibadah puasa.

Tidak perlu khawatir, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi lulusan Universitas Airlangga, dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR, memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa, terutama bagi mereka yang mengalami masalah dengan asam lambung atau GERD.

“Bagi penderita gerd yang penting itu waktu sahur dan buka, makan secukupnya dan jangan berlebihan atau kurang. Usahakan makan yang lunak dulu seperti jeli baru yang keras-keras,” katanya dilansir dari Antara.

Agus menyarankan, penderita asam lambung makan secukupnya baik saat sahur maupun berbuka puasa. Untuk berbuka, disarankan mulai dengan minum air putih biasa atau hangat agar lambung tidak terkejut setelah dalam keadaan kosong untuk beberapa jam.

Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang dapat memicu sakit lambung seperti makanan pedas, asam, dan berlemak tinggi seperti nangka muda dan makanan goreng-gorengan. Sementara itu, untuk minuman, disarankan agar menghindari minuman berkafein atau soda.

“Pilih makanan yang tepat seperti daging tanpa lemak, buah-buahan yang tidak asam, sayuran, karbohidrat kompleks misal nasi merah dan oatmeal. Akan lebih baik jika memproses makanan dengan cara dipanggang, rebus, atau kukus,” kata dia.

Takjil yang dikonsumsi juga harus diperhatikan, penderita asam lambung dapat memilih takjil yang mengandung buah atau sayuran sesuai dengan kondisinya, atau kurma yang terbukti baik bagi lambung.

Selain itu, ia menekankan pentingnya menjaga hidrasi dengan memerhatikan metode 2-4-2, yaitu minum dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas sebelum tidur setelah salat Isya.

Agus menyarankan agar penderita asam lambung tidak langsung tidur setelah makan. Butuh waktu minimal dua jam bagi makanan berat dan satu jam bagi buah dan sayuran untuk dicerna oleh lambung. Selain mengatur pola makan, mengelola stres dan emosi juga penting bagi penderita asam lambung.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles