spot_img

Putusan Sela Mahkamah Internasional: Israel Harus Cegah Genosida di Gaza

DEN HAAG – Ketua Hakim Mahkamah Internasional (ICJ), Joan Donoghue, membacakan putusan sela atas gugatan Afrika Selatan terhadap genosida yang dilangsungkan Israel di Jalur Gaza dalam persidangan di Den Haag, Jumat (26/1/2024).

Mahkamah Internasional memerintahkan Israel mengambil tindakan untuk mencegah aksi genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Joan Donoghue menyatakan keprihatinan besar terhadap kehilangan nyawa di Jalur Gaza akibat serangan militer Israel yang masih berlangsung.

Keputusan pengadilan juga menekankan bahwa Israel harus menjamin pasukannya tidak terlibat dalam genosida dan harus mengambil tindakan untuk memperbaiki situasi kemanusiaan.

ICJ memerintahkan Israel untuk melaporkan tindakan yang diambil dalam waktu satu bulan.

Meskipun ICJ tidak memerintahkan gencatan senjata, pengadilan menyetujui sejumlah langkah darurat yang diminta oleh Afrika Selatan dalam kasus yang menuduh Israel melakukan genosida.

Dilansir dari WAFA, ICJ mengakui hak warga Palestina di Gaza untuk dilindungi dari genosida.

Afrika Selatan, dengan membawa kasus ini ke ICJ, berharap agar agresi militer Israel yang telah menewaskan lebih dari 25.000 warga Palestina dapat segera dihentikan, meskipun permohonan tersebut tidak dikabulkan oleh pengadilan.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles