spot_img

Saat Rambut Perempuan Rohingya Jadi Gimbal

ACEH – Dapat dibayangkan, berbulan di atas perahu dan berdesakkan dengan minim
falisitas dan air seperti apa kotornya rambut Ibu-ibu pengungsi Rohingya
yang rambutnya tersembunyi di balik hijab. Rambutnya yang panjang bukan
malah seperti mayang terurai akan tetapi menjadi gimbal, kulit kepala gatal-gatal
dan tidak nyaman.

Karena itulah Relawan RZ berkerjasama dengan IOM memberikan layanan keramas massal di Posko Relawan RZ Langsa, Aceh Timur, Kamis lalu (21/05/2015). 

“Sebanyak 50 pengungsi wanita secara bergantian dibersihkan rambutnya oleh Relawan wanita. Untuk membersihkannya pun tidak menggunakan shampo biasa, tapi shampo khusus membersihkan hewan kutu yang bersarang di rambut,” jelas Herlan Wilandariansyah, Koordinator Relawan RZ.

Posko Segar

Selain keramas rambut, Relawan RZ juga membuka posko segar, Jumat (22/5/2015).  Layanan ini tidak hanya diperuntukkan bagi pengungsi, tapi juga relawan yang bertugas dilokasi. Para pengungsi maupun relawan dari berbagai komunitas yang sedang bertugas di lokasi pengungsian dapat menikmati makanan dan minuman segar, layanan pijat dan cuci baju gratis.

“Kasian para relawan dan petugas di posko pengungsian. Mereka bekerja tiada henti, membuat baju dan seragam mereka kotor. Kami ingin bantu mereka supaya tetap segar, bajunya tetap bersih dan kesehatannya tetap terjaga agar bisa melayani dengan optimal,” tutur Agam, Kordinator Posko Aksi Peduli Rohingya RZ di Kawasan Pelabuhan Kuala Langsa.

Sehubungan dengan adanya 400 pengungsi Rohingya baru yang mendarat di Aceh pada Rabu (20/05) lalu, Relawan RZ juga sudah mengirimkan bantuan logistik berupa makanan dan pakaian layak pakai.

“Kami bekerjasama dengan dinsos tadi malam sudah mengirimkan bantuan untuk 400 pengungsi Rohingya baru yang sementara ini ditempatkan di Desa Simpang Lhee, Kecamatan Julok. 400 pengungsi ini masih belum pasti apakah akan tetap di Simpang Lhee atau akan dipindahkan ke Langsa.” Ungkap Herlan. – RZ

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles