spot_img

Sebulan Dicari, 3 WNI di Nepal Belum Ditemukan

NEPAL – Sudah sebulan Tim Penyelamatan dan Evakuasi Indonesia berada di Nepal. Namun nasib 3 warga negara Indonesia, Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat, yang waktu kejadian gempa besar, Jumat (24/04/2015) sedang melakukan pendakian Gunung Himalaya, hingga kini belum jelas keberadaannya.

Hari pertama kedatangan Tim Penyelamatan dan Evakuasi WNI di Nepal pada (29/4/2015) lalu, langkah-langkah pencarian dan penyisiran telah dilakukan, baik di rumah sakit-rumah sakit, posko pencarian, hingga mengunjungi langsung ke lokasi di mana Alma, Kadek dan Jeroen diketahui keberadaannya terakhir kali, yakni di Langtang yang berada di ketinggian 3.300 mdpl di Pegunungan Himalaya.

Terakhir pada 7 Mei lalu, tim berhasil mengidentifikasi kartu identitas milik Alma Parahita yang ditemukan oleh tim SAR Spanyol di Langtang, yang kemudian diserahkan kepada otoritas Nepal.

Setelah itu, dengan dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Bangladesh dan Nepal, Iwan Wiranata-atmadja, tim kembali mengunjungi Langtang untuk melacak jejak ketiga WNI. Namun belum menghasilkan yang terbaik.

Setelah hampir sebulan upaya pencarian oleh Tim Penyalamatan dan Evakuasi, langsung dari Indonesia, dan belum membuahkan hasil, akhirnya Pihak Indonesia menyerahkan upaya pencarian lanjutan kepada tuan rumah.

Ketua Tim Penyelamatan dan Evakuasi WNI di Nepal Duta Besar Iwan Wiranata-atmadja mengatakan dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis, (21/05/2015) bahwa pemerintah Nepal sendiri telah meminta tim asing untuk segera meninggalkan negara tersebut.

“Namun, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang paling aktif dalam mencari dan mengidentifikasi WNI, kita bisa membuka posko dalam jangka waktu yang lama dan tim Indonesia sangat dikenal di berbagai posko pencarian,” kata dia.

Dubes Iwan menambahkan, bahwa otoritas Nepal di berbagai posko pencarian dan evakuasi telah hafal dengan identitas dan ciri-ciri ketiga WNI yang hinggi kini keberadaannya masih dicari, selain itu mereka berjanji akan segera memberitahu pihak Indonesia apabila ada perkembangan baru.

“Pemerintah Indonesia melalui Konsul Kehormatan kita untuk Nepal akan terus memantau perkembangan pencarian ketiga WNI tersebut dan upaya yang telah kita lakukan selama hampir satu bulan ini sudah sangat maksimal,” kata dia.

Terkait dengan kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi kepada ketiga WNI tersebut, Dubes Iwan mengatakan dirinya percaya adanya mukjizat Tuhan.

“Saya tidak berada dalam posisi untuk mengatakan sudah tidak ada harapan, mukjizat itu ada. Saat ini, yang bisa kita lakukan adalah rekonstruksi, di mana ada 3 WNI bersama 6 porter (pengangkut barang) dan dua pemandu yang berada di Langtang pada 24 April, tapi akibat longsor, tempat itu menjadi hilang,” ujar dia.

Oleh karena itu, Dubes Iwan mengharapkan doa dari masyarakat Indonesia agar keberadaan ketiga WNI segera diketahui dan agar memahami bahwa kondisi lapangan yang dihadapi Tim Penyelamatan dan Evakuasi WNI di Nepal memang tidak mudah. – Antara

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles