spot_img

Sedekah Bikin Kita Percaya Diri

JAKARTA – Pernahkah Anda memikirkan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, terutama dalam hal finansial?

Tidak hanya orang biasa, mereka yang berada di puncak karier dan selalu tampil rapi pun seringkali merasa kurang percaya diri secara finansial, selalu merasa kekurangan uang, terus-menerus mengejar keinginan yang belum terpenuhi.

Ada satu cara yang efektif untuk membangun rasa percaya diri bahwa kita sudah berkecukupan. Cara ini juga dapat membawa kebahagiaan. Apakah cara efektif itu? Bersedekah!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Michael Norton, profesor di bidang pemasaran di Harvard Business School, hal itu mungkin terdengar kontradiktif, bagaimana mungkin memberikan harta kepada orang lain dapat membuat seseorang merasa percaya diri, terutama secara finansial, bahkan merasa bahagia?

Namun, demikianlah kenyataannya. Penemuan itu dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Society for Personality and Social Psychology di New Orleans. Menurut Norton, memberikan uang kepada orang lain meningkatkan perasaan yang disebut sebagai subjective wealth atau rasa kesejahteraan.

Selain itu, bersedekah juga meningkatkan kebahagiaan dari pemberi sedekah, karena tindakan itu mengisi perasaan lebih dalam tentang keinginan untuk merasa berkecukupan.

Hasil penelitian itu, menurut James Maddux, seorang profesor emeritus di Departemen Psikologi George Mason University, terkait dengan temuan penelitian lain yang menunjukkan bahwa orang selalu membandingkan diri mereka dengan orang lain.

Hal ini dapat lebih mudah dipahami jika kita memahami esensi dari bersedekah, yaitu memiliki empati terhadap kesulitan orang lain.

Dengan merasakan empati terhadap kesulitan orang lain, kita akan menyadari bahwa masalah yang kita hadapi sebenarnya tidaklah sebesar yang kita pikirkan. Ada orang yang menghadapi masalah yang jauh lebih besar dan sulit dari kita.

Perbandingan ini akan membuat kita lebih bersyukur dan tumbuh rasa percaya diri serta kebahagiaan. Sedangkan bagi orang yang kikir dan enggan memberi, mereka akan merasakan hal yang sebaliknya.

“Dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS Ath Thagabun: 16)

Selain menjadikan kita lebih percaya diri secara finansial, bersedekah juga membuat kita akan lebih percaya Allah. Apa maksud dari percaya Allah? Percaya kebenaran janji Allah mengenai sedekah.

Bukankah Allah menjanjikan banyak kebaikan bagi siapa saja yang bersedia menafkahkan harta di jalanNya?

“Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS Saba: 39)

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles