Sedekah Justru Bikin Kaya, Ini Buktinya Menurut Al-Qur’an

0
104
Ilustrasi sedekah. (Foto: freepik.com)

JAKARTA – Sedekah justru bisa membuat kaya. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim agar lebih bersemangat dan giat bersedekah di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dilansir dari laman Konsultasi Syariah, Ustaz Dr Muhammad Arifin Baderi menjelaskan bahwa dalam berbagai dalil, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjanjikan balasan bagi orang yang bersedekah.

Balasan tersebut bisa berupa penggantian harta dengan yang lebih banyak dan baik, penyembuhan dari penyakit, dan lain sebagainya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261)

Meski demikian, bukan berarti dibenarkan untuk menjadikan balasan di dunia sebagai obsesi atau tujuan utama ketika beramal sedekah.

Disebutkan bahwa keutamaan sedekah di dunia berfungsi sebagai motivasi tambahan agar diri makin bersemangat beramal saleh.

Suatu hari, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan bahwa kelak pada hari kiamat ada empat orang yang pertama kali dihisab, yakni:

“Seorang lelaki yang Allah lapangkan rezekinya, sehingga ia memiliki seluruh jenis harta kekayaan. Ketika ia didatangkan, segera Allah mengingatkannya perihal berbagai jenis nikmat-Nya di dunia, dan ia pun mengakuinya semua. Selanjutnya Allah bertanya kepadanya: Lalu apakah yang engkau kerjakan dengan nikmat-nikmat-Ku itu? Ia menjawab: Tidaklah ada satu jalan pun yang Engkau suka bila aku bersedekah padanya melainkan aku telah menyedekahkan hartaku padanya. Namun Allah menghardik lelaki itu dan berfirman: Engkau berdusta, sejatinya engkau melakukan itu agar dikatakan engkau adalah orang dermawan, dan itu telah engkau dapatkan. Selanjutnya ia diperintahkan untuk diseret terbalik di atas wajahnya, dan kemudian dicampakkan ke dalam neraka.” (HR Muslim)

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here