spot_img

Sederet Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil, Cegah Keguguran hingga Bayi Prematur

JAKARTA – Selama masa kehamilan, penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi guna mendukung kesehatan dan perkembangan janin. Namun, seringkali makanan yang dikonsumsi ibu tidak mencukupi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan anak.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan guna memastikan kebutuhan vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin tidak terhambat.

Salah satu vitamin yang sangat penting adalah vitamin D, yang berperan dalam penyerapan kalsium, menjaga fungsi otot, mendukung pertumbuhan gigi, dan mencegah berat badan lahir rendah pada janin.

Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, Dr Med dr Damar Prasmusinto SpOG SubspesKFm(K), menjelaskan bahwa asupan vitamin D bagi ibu hamil dapat membantu mencegah keguguran berulang dan mengurangi risiko bayi lahir prematur.

“Diketahui, ternyata mereka yang kekurangan vitamin D itu lebih mudah terjadi keguguran berulang. Jadi, mereka yang hamil kemudian gugur lagi, lalu gugur lagi, ternyata kekurangan vitamin D,” ujar Damar dilansir dari Antara, Senin (8/1/2024).

Damar menambahkan, kekurangan vitamin D juga dapat berkontribusi pada kondisi serius seperti preeklamsia, yang dapat membahayakan nyawa ibu dan bayi.

Preeklamsia adalah peningkatan tekanan darah atau hipertensi pada ibu hamil, yang apabila kondisinya berat dapat memicu kejang hingga kematian.

Selain itu, kata dia, ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga berpotensi melahirkan bayi prematur dan mengalami komplikasi diabetes selama kehamilan.

“Jadi, vitamin D ini manfaatnya banyak sekali ternyata, tidak hanya untuk tulang saja tetapi juga bisa mencegah terjadinya keguguran berulang, bisa mencegah terjadinya preeklamsia, bisa mencegah persalinan prematur, dan juga bisa mencegah terjadinya diabetes gestasional,” kata dia.

Lebih lanjut, Damar menerangkan bahwa asupan vitamin D terbaik bagi ibu hamil berasal dari paparan cahaya matahari langsung. Di dalam kulit, kata dia, terdapat provitamin D yang dapat diubah menjadi vitamin D apabila terkena sinar matahari.

Selain sinar matahari, asupan vitamin D bagi ibu hamil juga bisa diperoleh dari makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, susu dan produk olahannya, serta kuning telur.

“Cuma terkadang orang-orang pola makannya tidak bagus atau tidak sesuai dengan yang diharapkan, jadi menggunakan jalan pintas seperti suplemen vitamin D,” ujarnya.

Damar menekankan pentingnya memastikan kecukupan vitamin D selama kehamilan untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan optimal bayi. Dia menyebut bahwa vitamin D juga memberi dampak positif terhadap kecerdasan anak.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles