spot_img

Garuda Fokus di Quarter Final

SUKSES mengukir sejarah, untuk pertama kali masuk babak delapan besar atau quarter final Piala Asia setelah menaklukkan Jordania dengan skor 4 – 1, timnas Garuda U-23 fokus menyiapkan diri pada fase gugur turnamen terakbar se-Asia itu.

Di perempat final, skuad asuhan Shin Tae- yong, akan berhadapan dengan juara Grup B yang akan diperebutkan oleh dua raksasa sepakbola Asia, kesebelasan Korea Selatan dan Jepang, Senin hari ini (22 April).

“Saya sangat senang, PSSI Garuda bisa lolos ke babak perempat final. Terima kasih untuk seluruh pemain. Saya ingin berbagi kemenangan ini tak hanya dengan para pemain, tetapi seluruh penggemar di Indonesia, “ ujarnya.

Shin mengaku, ia akan mempersiapkan yang terbaik jelang laga perempat final nanti dan kekuatan anak asuhannya saat ini baru mencapai 50 persen dari yang ditargetkan. Saya belum mengetahui lawan pertandingan perempat final, tetapi saya akan menyaksikan pertandingan mereka dan mempersiapkan yang terbaik,” ujarnya.

Skuad Garuda Muda melaju ke babak perempat final Piala Asia U23 2024 setelah keluar sebagai runner-up di Grup A, mendampingi tuan rumah dan juga juara Grup A, Qatar.

Keberhasilan tersebut dipastikan melalui laga pamungkas melawan Jordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Minggu (21/4). Laga  berakhir dengan kemenangan 4-1 Indonesia atas Jordania.

Marselino Ferdinan mencetak dua gol ke Gawang Yordania  (penalti pada menit ke-23 dan tendangan di menit ke-70), Witan Sulaiman (menit 40) dan Komang Teguh pada menit ke 86 sedangkan gol Jordania dihasilkan dari bunuh diri Justin Hubner pada Dua gomenit ke-79. Hasil ini membuat Indonesia finis sebagai runner-up Grup A dengan 6 poin.

Gol Jordania terjadi karena gol bunuh diri Justin Hubner pada Dua gomenit ke-79. Hasil ini membuat Indonesia keluar sebagai runner-up Grup A dengan 6 poin mendampingi Qatar yang menutup grup dengan hasil seri 0 – 0, sekaligus menyingkirkan Australia.

Kepastian Indonesia melaju ke babak delapan besar Piala Asia U23 2024 didapat setelah mengalahkan Jordania pada laga terakhir Grup A dalam laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) malam WIB, tuntas dengan skor 4 –

Indonesia mendampingi Qatar yang lolos ke perempat final sebagai juara grup. Qatar menutup penampilan di fase grup dengan hasil imbang tanpa gol melawan Australia.

Seperti disampaikan Shin, skuad Garuda tampil agresif walau cukup hasil seri untuk melaju ke babak selanjutnya dan nyaris mencetak gol saat laga baru berjalan tiga menit. Witan Sulaeman mendapatkan bola di sisi kanan lapangan.

Witan lantas menggiring bola ke dalam kotak penalti sebelum memberikan umpan ke Rafael Struick. Namun, tembakan Struick bisa ditepis kiper Yordania, Ahmad Al Juaidi.

Serangan balik membuat Yordania hampir menjebol gawang Indonesia pada menit ke-11. Akan tetapi, tendangan Baker Kalbouneh melebar ke sisi kiri.

Empat menit kemudian, Struick kembali mengancam pertahanan Jordania. Tembakannya kali ini juga masih bisa digagalkan Al Juaidi.

Upaya Garuda Muda untuk mencetak gol akhirnya berhasil. Pergerakan Struick membuat bek Jordania, Amer Jamous, melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Jamous menjatuhkan Struick sehingga menghasilkan penalti untuk Indonesia. Marselino Ferdinan maju sebagai eksekutor dan berhasil mengecoh kiper Jordania.

Marselino melepaskan tembakan ke pojok bawah kanan gawang saat Al Juaidi bergerak ke sisi kiri. Indonesia pun unggul 1-0 pada menit ke-23.

Witan Sulaeman mendapat kesempatan dari tendangan bebas 10 menit kemudian. Namun, tembakannya melambung di atas mistar.

Kegagalan itu terbayar pada menit ke-40 saat Witan melepaskan tendangan melengkung yang menembus gawang Jordania usai menerima assist dari Rizky Ridho.

Gol ketiga Indonesia hampir tercipta pada menit ke-47 jika sundulan Rizky yang memanfaatkan umpan dari Nathan Tjoe-A-On tidak melebar.

Giliran Justin Hubner yang melakukan percobaan untuk menjebol  gawang Jordania. Namun, tembakan kaki kirinya juga, sedangkan pada menit ke-66, Ibrahim Sabra yang baru masuk dua menit hampir mengakhiri kebuntuan Jordania. setelah ia menerima bola dari Aref Al Haj di tengah kotak penalti, tetapi tendangannya hanya melewati mistar gawang Indonesia.

Jordania kembali kebobolan pada menit ke-70. Mendapatkan bola dari Witan, Marselino melakukan sontekan yang gagal ditepis oleh kiper Ahmad al-Juwaidi.

Indonesia tak berhasil mengakhiri laga dengan catatan clean sweep setelah Jordania memecah kebuntuan dari gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79 namun  menambah gol lewat sundulan Komang Teguh pada menit ke-86, memanfaatkan lemparan Pratama Arhan.

Ayo Garuda, “terbang” lebih tinggi lagi di Piala Asia 2024.

 

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles