spot_img

Skuad Garuda, jangan anggap enteng Filipina

SKUAD Garuda harus menunda masuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah takluk dari tim Singa Mesopotamia, Irak pada laga di Stadion GBK, Jakarta, Kamis sore (6/6).

Melawan kesebelasan Irak yang kelasnya di atas (ranking FIFA ke-58 dibandingkan Indonesia di ranking ke -134), kesalahan demi kesalahan dibuat penggawa Garuda pada babak kedua walau pada babak pertama masih mampu mengimbangi prmanan lawan.

Timnas Garuda akhirnya takluk di babak kedua setelah pelatih Irak asal Spanyol Jesus Casas  mengubah taktik dengan memasukkan Amyn Hussain dan Aly Yasim menggantikan Bashar Resas dan Zidane Iqbal yang bermain cepat terutama menusuk dari sayap kiri.

Irak mencetak gol pertama melalui eksekusi tendangan penalti Amyn akibat pelanggaran (handsball) Justin Hubner di kotak penalti pada menit ke -54, lalu oleh Ali Jassim pada menit ke-86 akibat kesalahan kiper Ernando Ari.

Pada saat tertinggal dari Irak, timnas Garuda juga harus bermain dengan sepuluh orang karena Jodi Amat mendapat karu merah oleh wasit asal Australia Shaun Evans setelah melakukan tekel keras terhadap pemain Irak Youssef Amyn.

Saat ini, skuad Garuda menempati peringkat kedua grup dengan tujuh poin di bawah Irak yang menyapu bersih kemenangan di lima laga dengan poin 15.

Tujuh tim lolos putaran ke-3

Sudah ada tujuh tim zona Asia dan Oceania yang lolos putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 yakni Qatar (Grup A), Jepang (Grup B), Iran (Grup E), Uzbekistan (Grup E), Iral (Grup F), Uni Emirat Arab (Grup H) dan Australia (Grup I).

Tim yang lolos putaran ketiga PD 2026 Zona Asia sekaligus meraih tiket ke putaran final Piala Asia di Arab Saudi pada 2027.

Sementara bagi skuad Garuda, untuk lolos putaran ketiga kualifikasi PD 2026, harus menang dengan skor berapa pun lawan Filipina pada laga di Stadion GBK, 11 Juni nanti.

Jika imbang, Garuda masih berpeluang lolos, dengan catatan, Vietnam imbang atau kalah dari Irak, sedangkan jika menang dari Irak, Vietnam akan unggul dengan sembilan poin, menyingkirkan Indonesia yang hanya meraih delapan poin.

Jika kalah dari Filipina, timnas tetap bisa lolos, jika Vietnam yang bertandang ke markas Irak, kalah. Ini tentu skenario riskan, sehingga timnas harus menentukan nasibnya sendiri, wajib menang.

Namun tim Filipina yang disebut the Azkals asuhan Tom Sainfiet asal Belgia  juga tidak bisa dianggap sebelah mata, apalagi dia sudah sesumbar, kali ini bertekad menaklukkan Indonesia.

Ayo, Garuda jangan kecewakan lagi para pencinta sepak bola di tanah air!

 

 

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles