spot_img

Sosok Peternak Muda dan Kreatif di DD Farm Jateng

KENDAL – Usia muda tak menghalangi Isnaq Rozaq (20), peternak paling muda di sentra peternakan Dompet Dhuafa Jawa Tengah atau DD Farm Jateng untuk menekuni ilmu-ilmu beternak dengan baik.

Setelah lulus dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di Sekolah Menengah Kejuruan pada tahun 2022, Rozaq mulai tekun mempelajari cara-cara beternak melalui ayahnya yang juga peternak, dan  juga mempelajari ilmu dari internet.

Sudah satu tahun setiap hari Rozaq menempuh waktu sekitar 45 menit dari kediamannya di Desa Sumur, Kecamatan Brongsong, Kendal Bawah untuk bisa mencapai lokasi DD Farm Jateng yang terletak di Kecamatan Limbangan, Kendal Atas. Sesekali, ia menginap di pondok yang tersedia di samping DD Farm.

Rozaq bertugas memberi makan hewan ternak pada waktu pagi pukul 07.00 WIB, siang pukul 13.00 WIB, dan sore pukul 16.00 WIB. Seusai memberi makan, ia melakukan screening kesehatan pada hewan, kemudian lanjut membersihkan kandang.

Kisah petualangan hidupnya bermula saat ia menerima ajakan teman masa kecilnya–Kendi, untuk mengikuti tes wawancara menjadi peternak di DD Farm Jateng.

Rozaq mengaku bersyukur dapat memiliki wadah belajar sekaligus berkumpul dengan teman yang memiliki kesamaan minat. Lewat pembekalan selama seminggu, ia makin mendalami ilmu peternakan, terutama terkait perawatan hewan ternak.

“Sejak itu (lulus SMK), kepikiran pengin mendalami ilmu tentang peternakan. Memutuskan untuk belajar otodidak, melihat Ayah. Eh, beruntungnya teman satu desa saya yang sudah menjadi peternak di DD Farm Jateng ngajak untuk daftar peternak di sana. Sampai akhirnya saya keterima di sini. Saya belajar hal baru terkait bagaimana menyuntikkan obat dan vitamin kepada hewan, bagaimana ciri-ciri kambing sehat. Alhamdulillah kedua orang tua saya memberi dukungan penuh,” tutur Rozaq penuh semangat.

Selain menekuni beternak, dilubuk hatinya tersimpan keinginan jadi musisi yang diimpikannya sejak lama. Sehingga di sela-sela waktu beternak, ia menyempatkan menulis lagu. Kini, lagu ciptaannya sudah dapat didengar melalui berbagai platform, salah satunya kanal YouTube dengan akun bernama Ozacq.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles