spot_img

Status Darurat Sampah Cianjur Diperpanjang hingga 9 Februari

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, melanjutkan masa darurat sampah hingga 9 Februari 2024. Pasalnya, pembangunan jalan menuju Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Mekarsari di Kecamatan Cikalongkulong belum rampung.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, menyatakan perpanjangan ini disesuaikan dengan progres pembangunan jalan di TPSA baru, yang diharapkan selesai pertengahan Februari.

Cuaca hujan menyebabkan kesulitan dalam pengerasan jalan masuk TPSA pengganti, namun upaya terus dilakukan selama 24 jam.

“Pengerasan jalan masuk TPSA pengganti masih berlumpur akibat cuaca hujan yang turun setiap hari, sehingga membuat tanahnya kembali berlumpur sehingga sulit dilakukan pengerasan,” kata Herman.

Ia menyebutkan bahwa proses pengerasan terus dilakukan selama 24 jam dengan harapan segera tuntas. Hal ini bertujuan agar pembuangan sampah ke TPSA baru dari TPSA Pasirsembung dapat segera dilakukan, mengingat TPSA lama telah beralih fungsi menjadi Ruang Terbuka Hijau.

Untuk mendukung pembuangan sampah ke TPSA baru, pihaknya mengajukan pengadaan beberapa unit dump truck ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI, mengingat truk yang dimiliki saat ini sudah tidak layak jalan.

Anggaran dari Biaya Tidak Terduga (BTT) 2024 juga dialokasikan untuk pembelian mesin pencacah sampah, yang akan ditempatkan di sejumlah pasar di Cianjur guna mengurangi tonase sampah yang masuk ke TPSA baru.

Selain itu, upaya untuk meminimalkan jumlah sampah harian dari masyarakat dilakukan dengan mendorong program Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R), yang kini berjumlah 32 TPS2R di seluruh wilayah Cianjur.

“Kami juga mendorong jumlah TPS3R terus bertambah, sehingga Cianjur tidak akan mengalami status darurat sampah karena TPSA sudah melebihi kapasitas, terlebih dari pengolahan secara mandiri di semua lini, dapat menjadi barang bernilai ekonomis,” katanya, dilansir dari Antara.

Status darurat sampah selama 14 hari diberlakukan oleh Pemkab Cianjur karena TPSA Pasirsembung telah melebihi kapasitas dan beralih fungsi menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), sambil menunggu TPSA baru.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles