Sudah 26 Orang Tewas Karena Topan Soudelor

0
107

FUZHOU—Jumlah korban tewas akibat Topan Soudelor terus bertambah. Hingga saat ini, topan yang menerjang kawasan timur Tiongkok ini telah menewaskan 26 orang dan 7 lainnya masih hilang.
 
Di Provinsi Fujian, topan yang menerjang pada Sabtu lalu menewaskan 7 orang dan tiga lainnya hilang. Demikian dilaporkan otoritas penanganan banjir setempat, Selasa (11/8/2015) seperti dikutip Xinhua.

Soudelor adalah topan paling ganas yang melanda Fujian dalam satu dekade belakangan. Hujan deras yang disertai angin kencang menghancurkan rumah-rumah dan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

Tercatat, curah hujan mencapai lebih dari 500 mm di enam kabupaten. Hujan deras tersebut menyebabkan air sungai naik ke tingkat yang mengkhawatirkan. Dampaknya ibu kota provinsi Fuzhou direndam banjir selama 38 jam.

Di Fujian, 513.900 warga telah dievakuasi. Sementara itu, 6900 rumah juga hancur dan 112.060 hektar tanaman rusak. Kerusakan ini menyebabkan kerugian ekonomi mencapai 9,7 miliar yuan, atau setara  ($ 1.5 milyar). Bencana tersebut juga mengakibatkan kerusakan parah di provinsi-provinsi tetangga seperti Zhejiang, Jiangxi dan Anhui.

Di Zhejiang, 14 orang tewas dan 4 hilang. Sementara itu 4 orang juga tewas di Anhui, dan di Jiangxi, ada juga 1 orang tewas setelah disambar petir.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here