spot_img

Tak Kuat Diterjang Gelombang Panas, Puluhan Warga India Regang Nyawa

INDIA – Setidaknya 33 orang, termasuk petugas pemilu yang sedang bertugas, meninggal karena dugaan serangan gelombang panas yang mencapai 50 derajat di negara bagian Bihar, Uttar Pradesh, dan Odisha di India.

Pihak berwenang mengatakan gelombang panas di wilayah tersebut diperkirakan akan berlanjut. India sedang mengalami musim panas yang terik dan sebagian ibu kota Delhi mencatat suhu tertinggi di negara itu sebesar 52,9 derajat Celcius (127,22°F) minggu ini, meskipun suhu tersebut mungkin akan direvisi setelah departemen cuaca memeriksa sensor stasiun cuaca yang mencatat.

Departemen Meteorologi India (IMD) menjelaskan, meskipun suhu di barat laut dan tengah India diperkirakan akan turun dalam beberapa hari mendatang, gelombang panas yang terjadi di India timur kemungkinan akan berlanjut selama dua hari. Gelombang panas ketika suhu mencapai 4,5 C hingga 6,4 C lebih tinggi dari biasanya.

Empat belas orang tewas di Bihar pada hari Kamis, termasuk 10 orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu nasional tujuh tahap yang saat ini sedang berlangsung. Banyak petugas pemilu biasanya diharuskan bertugas sepanjang hari, bahkan sering kali di luar ruangan.

Di negara bagian Uttar Pradesh yang paling padat penduduknya di India, setidaknya sembilan personel pemilu, termasuk petugas keamanan, tewas pada hari Jumat.

 

spot_img
SourceReuters

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles