spot_img

Tiga Negara Eropa Resmi Akui Palestina Merdeka

ANKARA – Tiga negara Eropa, yaitu Norwegia, Irlandia, dan Spanyol, pada hari Rabu memutuskan untuk mengakui Palestina sebagai negara, dengan pengakuan resmi mulai berlaku pada 28 Mei 2024.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, menyerukan solusi politik bagi Israel dan Palestina berupa dua negara yang hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan, terutama di tengah konflik yang telah menewaskan dan melukai puluhan ribu orang.

“Tidak akan ada perdamaian di Timur Tengah tanpa solusi dua negara. Tidak ada solusi dua negara tanpa adanya negara Palestina. Dengan kata lain, negara Palestina merupakan prasyarat untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah,” ujar Store.

Store mengatakan bahwa pengakuan terhadap Palestina mengirimkan pesan kuat kepada negara-negara lain untuk mengikuti jejak Norwegia dan negara-negara Eropa lainnya dalam mengakui negara Palestina.

Selain itu, Perdana Menteri Irlandia, Simon Harris, juga mengumumkan bahwa negaranya secara resmi mengakui negara Palestina.

“Ini adalah hari bersejarah dan penting bagi Irlandia dan Palestina,” kata Harris pada konferensi pers.

Harris yakin bahwa negara-negara lain akan mengikuti langkah tersebut. Dia menyebutkan telah berbicara dengan sejumlah pemimpin dan sejawatnya, serta percaya lebih banyak negara akan bergabung dalam mengambil langkah penting tersebut dalam beberapa minggu ke depan.

Selain itu, Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, mengatakan negaranya akan mengakui negara Palestina pada Selasa depan (28/5/2024).

Sanchez menyatakan bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menolak mendengarkan masyarakat internasional sambil terus mengebom infrastruktur sipil dan memblokir bantuan yang sangat dibutuhkan.

Dia menambahkan bahwa pengakuan terhadap Palestina bukanlah akhir, melainkan langkah awal, dan Spanyol akan terus menekan komunitas internasional untuk bertindak.

Menyusul keputusan negara-negara tersebut, Menteri Kerja Sama Pembangunan Belgia, Caroline Gennez, menulis di media sosial X bahwa negaranya juga harus memutuskan hari ini untuk mengakui negara Palestina.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles