spot_img

Trisno Bahagia Domba Ternaknya Lolos QC Tim THK Dompet Dhuafa

SUBANG – Seorang remaja berusia 16 tahun, Trisno, menjadi salah satu peternak plasma milenial yang merawat belasan domba.

Ketika Tim Quality Control (QC) Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa datang untuk menimbang domba-dombanya, pada Rabu (29/5/2024), Trisno dengan telaten memberi makan dengan hijauan segar yang baru saja diaritnya dari kebun.

Sebelum menjadi peternak plasma mitra Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Trisno hanyalah seorang remaja biasa yang bekerja di kandang domba.

Seiring keterampilannya yang makin terasah dalam mengelola ternak domba, sudah hampir setahun ia dipercaya menjadi mitra peternak plasma yang mengelola hampir selusin domba oleh Koperasi Usaha Tani Cipta Mandiri yang merupakan salah satu mitra ternak Tebar Hewan Kurban.

Koperasi ini biasa memberdayakan masyarakat untuk mengelola ternak dengan pola kemitraan inti-plasma yang di masyarakat sering disebut konsep “maro” yang artinya dari ternak yang dikelola peternak mendapatkan separuh dari keuntungan penjualan ternak.

Sejak ayahnya wafat dan ibunya jatuh sakit, Trisno yang masih remaja terpaksa menjadi tulang punggung keluarga.

Tiba saatnya proses QC, ia telah selesai memberi makan domba, Trisno menurunkan dombanya satu persatu untuk ditimbang, dan diperiksa kesehatannya. Hewan jantan yang sehat adalah kriteria yang ditetapkan untuk setiap hewan kurban Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa.

Trisno pun gembira ketika satu persatu domba hasil perawatanya lolos QC dengan capaian bobot yang bagus. Dari 11 ekor domba perawatannya yang ditimbang, seluruhnya dinyatakan lolos QC oleh Dompet Dhuafa.

Dari penjualan setiap domba rawatannya, Trisno akan mendapatkan setengah dari keuntungan, yang sangat berarti bagi keluarganya. “Alhamdulillah saya senang banget. Nggak kerasa sudah mau satu tahun. Semoga saya bisa jadi pengusaha domba sukses juga kayak yang lain. Biar bisa bantu adik bisa sekolah,” tutur milenial yang sudah sejak kecil menjadi yatim tersebut.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles