spot_img

Uni Eropa Sepakat Relokasi 40 Ribu Pengungsi

BRUSSELS—Komisi Uni Eropa menyampaikan rencana mereka untuk menempatkan 40 ribuan imigran yang mendarat di Eropa dari Mediterania. Rencananya, penempatan 40 ribu imigran dari Italia dan Yunani itu akan berlangsung selama dua tahun.

Kesepakatan ini disampaikan setelah pembicaraan panjang di Brussels, Jumat (26/6/2015) pagi. Adapun, mengenai alokasi pendistribusian para imigran akan disepakati pada akhir Juli.

Sementara ada 20 ribu imigran lainnya yang juga membutuhkan perlindungan dan penempatan yang berada di negara yang tak masuk Uni Eropa. Selama ini Italia dan Yunani menjadi pintu masuk bagi imigran dari Afrika. Mereka kabur dari negaranya karena kemiskinan, perang, dan konflik horizontal.
 
Kegagalan Uni Eropa dalam menentukan sistem kuota kepada negara-negara Eropa mengundang kritik Perdana Menteri Italia Matteo Renzi. Ia menuduh negara-negara anggota Uni Eropa lainnya tidak akan mengambil jatah untuk membantu para imigran.

“Kesepakatan hari ini menunjukkan sesuatu yang sederhana. Mereka yang tiba di Italia dan dan membutuhkan suaka harus disambut di negara tempat mereka tiba,” kata Renzi seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (26/6/2015).

“Ini adalah prinsip yang menurut saya sangat salah, karena berpikir bahwa satu negara dapat menangani masalah tersebut, tanpa mempertimbangkan bahwa kita berhadapan dengan perbatasan Eropa, ini jelas kesalahan politik.”

Pertemuan Uni Eropa hari ini juga mengeluarkan kesepakatan, bahwa imigran yang mendarat di Eropa, namun dinilai belum layak mendapat bantuan akan dikembalikan ke negara asal. Sikap ini diambil untuk mencegah orang lain di negaranya melakukan migrasi.

Badan pengungsi PBB, UNHCR, memperkirakan, selama tahun 2015 jumlah imigran yang melintasi Mediterania mencapai 100 ribu. Sebanyak 54 ribu orang di Italia, 48 ribu di Yunani, 91 di Malta dan 920 di Spanyol.

Smentara itu, IOM mencatat, setidaknya 1.770 pria, wanita dan anak-anak telah meninggal atau hilang selama perjalanan mereka yang berbahaya di laut mediterania.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles