Upaya DD Farm Memandirikan Anak Buah Kandang

0
177

BANTEN – Soleh (27), seorang peternak doka (domba & kambing) asal Lampung yang merantau ke Serang, Banten, sudah tiga tahun bergabung dengan DD Farm Banten.

DD Farm yang senantiasa menyejahterakan peternak kecil merekrut Soleh menjadi salah satu anak buah kandang (ABK).

Selama bergabung, Soleh mendapatkan banyak hal di kandang mulai dari ilmu peternakan hingga skema pemberdayaan peternak di Dompet Dhuafa yang membuatnya makin semangat untuk terus berkembang.

Setelah dirasa cukup mumpuni, Dompet Dhuafa Cabang Banten mengupayakan untuk memandirikan Soleh, yaitu dengan menjadikannya sebagai plasma ternak bagi DD Farm.

Fita Berliana Akbar selaku Manager Program Dompet Dhuafa Banten mengatakan, Dompet Dhuafa Banten ingin peternak-peternak ABK di DD Farm selanjutnya bisa mandiri, sehingga akan ada peningkatan, sehingga mereka memiliki usaha peternakan sendiri. Ia juga menyampaikan bahwa dalam prosesnya, Dompet Dhuafa Banten akan terus mengawal. Sebab, hal ini nantinya akan berdampak lebih bagi DD Farm untuk memperluas plasma-plasma ternak.

“Kami ingin teman-teman ABK ini berhasil mandiri. Kami tidak ingin mereka selamanya jadi karyawan di DD Farm. Tapi harus berkembang dan maju. Harus ada upgrade,” jelasnya, Minggu (4/2/2024).

Upaya pemandirian Soleh dilakukan sejak September 2023 dengan memberinya modal berupa kandang, berikut satu pejantan dan 10 betina. Sedangkan untuk lahannya, Soleh dipersilakan untuk menyediakan sendiri. Kandang milik Soleh ini memiliki ukuran seluas 11 x 1,5 meter persegi dengan 11 bilik untuk domba, satu ruang penyimpanan pakan, dan satu ruang untuk istirahat.

“Senang bisa punya kandang dan ternak sendiri. Sebagian saya upayakan dari modal sendiri dan sebagian didukung Dompet Dhuafa,” jelas Soleh.

DD Farm memastikan bahwa para ABK-nya yang dimandirikan telah memahami betul tentang peternakan domba. Termasuk bagaimana strategi persiapan domba untuk Program Tebar Hewan Kurban (THK) yang dilaksanakan pada bulan Zulhijah 1445 Hijriah nanti.

‘Mereka kalau urusan perdombaan, kami rasa sudah cukup sangat paham,” tegas Elin.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here