spot_img

Wabah Demam Lassa Tewaskan 78 Orang di Nigeria

NIGERIA – Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria mengatakan sedikitnya 78 orang telah dikonfirmasi meninggal dan 353 terinfeksi  wabah  Lassa yang belum pernah terjadi sebelumnya di Nigeria.

Sementara itu 766 lainnya diduga terinfeksi, dan 3.126 kontak telah diidentifikasi dan dipantau.

Demam Lassa, penyakit hemoragik virus akut, sangat banyak terjadi di sebagian besar Afrika Barat, terutama di Nigeria, di mana ditemukan pada tahun 1969. Gejalanya bisa ringan atau parah, termasuk pendarahan di gusi, mata atau hidung.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, penyakit ini menular ke manusia melalui kontak dengan makanan atau barang yang terkontaminasi oleh tikus multimammate  atau melalui kontak dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.

Nigeria mencapai rekor tertinggi dengan 72 orang meninggal akibat demam Lassa.

Rata-rata, demam Lassa mematikan pada 1% dari semua individu yang terinfeksi, dengan tingkat kesakitan 15% di antara orang-orang yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit tersebut. Menurut laporan NCDC dari tanggal 4 Maret, rasio kematian kasus dalam wabah terbaru adalah 23,8%.

Enam belas petugas kesehatan terinfeksi di antaranya empat orang meninggal dalam delapan minggu setelah wabah ini.

NCDC mengatakan bahwa negara tersebut menghadapi “wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya” karena penyakit tersebut telah menyebar ke 18 negara sejak dimulai pada bulan Januari, demikian dilaporkan CNN.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles