Angelina Jolie Ajak Masyarakat Dunia Sayangi Pengungsi

0
125

TURKI – Aktris Holywood peraih Oscar Angelina Jolie, Sabtu, (20/6/2015)  menyeru dunia internasional untuk membantu para pengungsi, karena jumlah pengungsi di dunia kian mengkhawatirkan.

Himbauan itu dia sampaikan saat ia mengunjungi sebuah kamp di Turki tenggara yang menampung ribuan pengungsi Suriah yang melarikan diri dari negaranya yang dilanda perang.

Jolie merupakan Duta PBB untuk urusan pengungsi, mengunjungi kamp di Mardin pada Hari Pengungsi Dunia bersama kepala UNHCR Antonio Guterres, setelah bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang juga berada di kota itu.

“Kami di sini untuk alasan sederhana, daerah ini adalah pusat dari krisis global, “kata Jolie kepada wartawan.

“Ini adalah krisis pengungsi terburuk yang pernah terjadi, karena perpindahan orang besar-besaran,” tambahnya.

Kunjungan Jolie dan Guterres setelah PBB mengumumkan, bahwa jumlah orang yang terpaksa mengungsi akibat perang, kekerasan dan penganiayaan telah melonjak ke rekor 59, 5 juta orang, setengah dari mereka anak-anak, Kamis (18/6/2015).

Gelombang besar pengungsi telah meningkat sebesar 8,3 juta sejak 2013 – peningkatan tertinggi yang pernah terjadi dalam satu tahun.

“Pesan pertama saya adalah bahwa sudah saatnya bagi kita untuk menghormati nasib pengungsi dan melihat nilai mereka. Kita harus melindungi mereka, dan berinvestasi di dalamnya. Mereka bukan masalah, mereka adalah bagian dari solusi untuk krisis global ini, “kata Jolie.

“Saya memohon kepada masyarakat dan pemimpin dunia internasional untuk memahami apa arti dari perpindahan manusia masal ini. Ini bukan hanya hal biasa. “

Ibu dari enam anak itu, termasuk tiga anak adopsi, mengucapkan terima kasih pada Turki dan negara-negara lain yang telah memberikan perlindungan bagi sejumlah besar pengungsi.

Turki, yang telah menampung 1,8 juta pengungsi Suriah sejak konflik dimulai pada tahun 2011, telah berulang kali mengeluh bahwa ia telah dibiarkan untuk memikul beban yang tidak adil.

Selama kunjungannya, Jolie bertemu dengan para pengungsi Suriah dan mendengar bagaimana mereka telah melarikan diri negara mereka. Dia terlihat sebelumnya pada Sabtu berjalan di sekitar Mardin dan mengunjungi toko-toko lokal didampingi putri sulungnya Shiloh. – Antara

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here