spot_img

BMKG Tetapkan 12 Daerah Berstatus Siaga-Waspada Cuaca Ekstrem, Mana Saja?

JAKARTA – Sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang. Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan status siaga dan waspada untuk 12 daerah di antaranya.

Daerah-daerah yang berstatus siaga meliputi Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah, sedangkan yang berstatus waspada meliputi Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua.

Peringatan dini terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar beberapa wilayah seperti Denpasar Bali, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung Jawa Barat, Semarang, dan Ambon Maluku.

Selanjutnya, BMKG memperkirakan potensi hujan disertai petir terjadi di Bandar Lampung, Bengkulu, pada pagi-siang hari, sementara beberapa kota lainnya seperti Serang Banten, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, dan Surabaya diprediksi akan berawan pada pagi dan malam hari.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyatakan bahwa potensi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan bencana meningkat di sebagian besar wilayah Indonesia dalam beberapa pekan ke depan disebabkan oleh adanya tiga Bibit Siklon Tropis sekaligus.

Ketiga bibit siklon tropis tersebut termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, dan mempengaruhi wilayah Indonesia bagian selatan.

Selain itu, BMKG juga memperkirakan risiko bahaya gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob) pada 15 Maret-16 Maret 2024 di sebagian besar wilayah pesisir Indonesia.

Fenomena ini disebabkan oleh gelombang angin di wilayah Indonesia bagian utara yang umumnya bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 10-35 knot, dan di wilayah Indonesia bagian selatan yang terdampak oleh bibit siklon 91S dan 94S di Samudra Hindia dengan kecepatan yang sama.

Hal ini meningkatkan potensi gelombang laut tinggi, bahkan mencapai 2,5 – 4 meter di sebagian besar perairan Indonesia bagian barat, tengah, dan timur hingga 16 Maret 2024.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles