spot_img

DMC Dompet Dhuafa Latih Pelajar Siap Siaga Bencana

BOGOR – Sekolah Menengah Atas (SMA) An Najah menggandeng Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menghadirkan Pelatihan Siap Siaga Bencana pada acara Super Camp 2024 di D’Bunder View, Kelurahan Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/5/2024).

Sebanyak 185 siswa yang terdiri dari kelas 1 dan 2 menyimak dengan khidmat bimbingan materi dan praktik dari teman-teman DMC Dompet Dhuafa.

Pada tahap materi, DMC Dompet Dhuafa memaparkan materi tentang jenis-jenis bencana dan kiat mitigasinya. Sebagian siswa mampu memahami dengan seksama dan mulai mengenali jenis-jenis bencana yang ada di sekitarnya.

Sekolah Menengah Atas (SMA) An Najah menggandeng Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menghadirkan Pelatihan Siap Siaga Bencana pada acara Super Camp 2024 di D’Bunder View, Kelurahan Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/5/2024). (Foto: DMC DD)

Dalam sesi praktik, DMC Dompet Dhuafa mengenalkan pertolongan pertama krisis kesehatan dan melatih pemadaman api skala kecil. Para siswa berbondong-bondong, baik perempuan maupun lelaki, merasakan penggunaan apar (alat pemadaman kecil) dan kiat-kiat pemadamannya.

”Pelatihan yang dilakukan oleh teman-teman DMC Dompet Dhuafa sangat bermanfaat. Jadi, anak-anak tidak hanya diberikan materi tetapi juga langsung praktik saat menanganni ketika bencana. Mereka diberi tahu cara-cara mitigasinya,” ujar Iwan Restandi, Bidang Kesiswaan SMA An Najah.

”Tujuan kami mengundang DMC adalah seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia rawan bencana, kami berharap untuk mengedukasi anak-anak dan bagaimana penanganannya apabila terjadi bencana di lingkungan sekitarnya,” lanjut Iwan.

Remaja merupakan salah satu fase penting dalam manusia. Pada fase remaja terjadi transisi kemampuan psikis dan fisik dari anak-anak ke masa dewasa.

Berbagai penelitian menemukan bahwa remaja pada umumnya sangat rentan terhadap dampak kesehatan mental yang dirugikan setelah bencana alam.

”Paling minimal mereka mengetahui dan mengenali jenis-jenis bencana dan bagaimana cara penanganan darurat/dasarnya,” terang Adi ’Mallo’ Sumarna Staf Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebencanaan DMC Dompet Dhuafa.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles