spot_img

Dokter Ungkap Alasan Orang Sulit Berhenti Merokok

JAKARTA – Banyak orang mungkin bertanya-tanya mengapa seorang perokok sering mengatakan bahwa berhenti merokok itu sulit. Padahal, kelihatannya berhenti merokok itu mudah mengingat lebih banyak dampak negatif daripada positifnya.

Spesialis Kesehatan Jiwa dari Ikatan Alumni FKUI tahun 2023, Dr. Fitri Dona Nainggolan, mengatakan bahwa sulitnya berhenti merokok disebabkan oleh perubahan dalam tubuh dan psikologi seseorang.

“Mengapa berhenti merokok menjadi sulit? Karena, seseorang yang sudah terbiasa merokok awalnya merasa nyaman dan rileks dengan rokok. Ketika tidak merokok, mereka mulai merasa tidak nyaman, mengalami ketegangan, emosinya menjadi sensitif dan mudah marah,” kata Dona dilansir dari Antara.

Oleh karena itu, minggu keempat seringkali menjadi saat di mana banyak orang yang mencoba berhenti merokok kembali ke kebiasaan lamanya.

Dona menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan di minggu keempat.

“Ketika seseorang mencoba berhenti merokok, tantangannya besar, bukan hanya dari diri sendiri, tetapi juga dari lingkungan. Berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok akan kembali merokok di minggu keempat,” ungkapnya.

Dona menambahkan, keinginan untuk merokok bisa dialihkan dengan melakukan kegiatan positif lainnya, seperti makan makanan sehat, berolahraga, atau berbincang dengan keluarga dan teman.

Namun, jika mengalami kesulitan saat mencoba berhenti merokok, bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa bagian adiksi.

Dona menuturkan, faktor pemicu kebiasaan merokok bisa berasal dari dalam diri sendiri, seperti kebiasaan merokok saat bosan atau dalam situasi tertentu, serta dari lingkungan, seperti teman yang juga merokok.

Menuturnya, untuk berhasil berhenti merokok, penting bagi seseorang mengidentifikasi pemicu-pemicu tersebut dan menetapkan tujuan yang jelas.

Dengan memahami penyebab merokok, seseorang bisa lebih mudah mengatasi tantangan tersebut dan mencapai keberhasilan dalam berhenti merokok.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles