spot_img

FOZ Sinergikan Bantuan untuk Tolikara

JAKARTA – Bersama elemen umat Islam yang lain, Forum Zakat (FOZ) bergabung dalam Komite Umat untuk Tolikara (Komat) Papua. FOZ mendapat tugas sebagai penyedia amunisi dan pendanaan proses rekonsiliasi dan rehabilitasi di Tolikara.

Fokus utama yaitu, pada pembangunan Masjid Baitul Muttaqin Karubaga yang hangus terbakar. Fokus selanjutnya yakni, pembangunan kios warga Muslim yang terbakar dan membuat mereka kehilangan pendapatan.

“Harga material di Karubaga, ibukota Tolikara, sangat mahal. Satu sak semen saja sampai Rp 800 ribu. Belum pasir, besi, ongkos jalan, dan tenaga bangunan. Bisa dibayangkah, harga properti yang di Pulau Jawa senilai Rp 1 Miliar misalnya, di sana bisa menghabiskan Rp5 miliaran,” kata Ketua Umum FOZ, Nur Efendi.

Meninjau mahalnya biaya pembangunan di sana, FOZ berharap sinergi pendanaan dari seluruh anggotanya (yaitu Lembaga amil zakat dan Baznas daerah), bisa menutupi ongkos pembangunan tersebut. Bantuan pemerintah pusat yang diberikan sebesar Rp1 Miliar tidak terlalu besar karena mahalnya living cost di Tolikara yang memang susah aksesnya.

Saat ini, anggota Forum Zakat yang sudah sampai di lokasi terdiri dari beberapa lembaga, yaitu Baitul Maal Hidayatullah, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, dan PPPA Daarul Quraan.

Lembaga lain yang telah terjun melakukan penggalangan dana dan turun ke lapangan adalah Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan beberapa ormas Islam. – Rumah Zakat

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles