Respon Kekeringan ACT Bagikan Air di 5 Propinsi

0
71

JAKARTA – Tim Tanggap Darurat Kekeringan Aksi Cepat Tanggap (ACT) pekan ini akan serentak mendistribusikan air bersih ke daerah yang dilanda bencana kekeringan.
 
“Minggu ini, bersama dengan aktivis Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), serentak di lima Provinsi yakni Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Insya Allah, pekan berikutnya kami akan menyasar daerah di luar pulau Jawa, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan pulau Sumatera,” jelas Diding Fachrudin, Koordinator Aksi Tim Tanggap Darurat Kekeringan, Kamis (30/7/2015).
 
Beberapa kecamatan di lima propinsi di pulau Jawa yang akan jadi target bantuan air bersih diantaranya delapan Kecamatan di Kabupaten Tangerang, Banten, lima kecamatan di Bojonegoro, Jawa Timur, lima kecamatan di Gunung Kidul, Yogyakarta, empat kecamatan di Boyolali, Jawa Tengah, dua kecamatan di Klaten, Jawa Tengah dan satu kecamatan di Bekasi, Jawa Barat.
 
Selain mendistribusikan air bersih, Tim Tanggap Darurat Kekeringan juga akan mengedukasi masyarakat membiasakan pola hidup sehat dan hemat air. Misalnya air yang sudah dipakai mandi bisa disaring lagi untuk dan digunakan untuk menyiram halaman, supaya tidak berdebu dan upaya penghematan air lainnnya.
 
Untuk program darurat kekeringan, Tim Tanggap Darurat Kekeringan bersinergi dengan instansi terkait seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Balai Lingkungan Hidup Daerah (BLHD). – ACTNews

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here