spot_img

Gunung Ibu Muntahkan Abu Tebal Setinggi 7.000 Meter

Halmahera Bara, Maluku Utara – Gunung Ibu kembali meletus pada hari Minggu (2/6). Letusan tersebut memuntahkan abu tebal setinggi 7.000 meter ke udara dan terjadi selama lebih dari enam menit.

Menurut juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, ketika letusan terjadi, angin bertiup ke arah barat yang berakibat pada terbawanya material vulkanik hingga ke tempat pengungsian warga di desa Gam Ici. BNPB mengatakan timnya sedang dalam perjalanan menuju lokasi yang terdampak.

Kolom abu terlihat membubung tinggi ke angkasa. Letusan tersebut memuntahkan material yang termasuk di dalamnya abu vulkanik dan pasir.

Pemerintah daerah setempat menyarankan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar ruangan dan tetap di dalam rumah selama hujan abu bercampur pasir masih berlangsung.

Gunung Ibu diketahui telah meletus beberapa kali sejak awal bulan Mei. Otoritas Indonesia telah meningkatkan status siaga ke level tertinggi setelah rangkaian letusan terjadi sejak minggu lalu.

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa memiliki 120 gunung berapi aktif. Indonesia rentan terhadap aktivitas gunung api karena terletak di sepanjang “Cincin Api”, rangkaian patahan seismik berbentuk tapal kuda yang mengelilingi Samudera Pasifik.

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles