spot_img

Imbas Banjir Semarang, Sejumlah KA ke Surabaya Alami Keterlambatan

SURABAYA – Banjir di wilayah Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang berdampak pada jadwal kereta api. Beberapa kereta api jarak jauh dari Jakarta menuju Surabaya mengalami keterlambatan dua hingga tiga jam dari jadwal semula.

Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyatakan permohonan maaf atas keterlambatan tujuh kereta api jarak jauh tersebut.

“PT KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan atas terganggunya perjalanan dan kelambatan kedatangan KA akibat pengalihan perjalanan KA imbas banjir di wilayah Daop 4 Semarang,” katanya, dilansir dari Antara, Kamis (14/3/2024).

Kereta api yang terlambat termasuk KA Jayabaya, KA Sembrani, KA Pandalungan, KA Majapahit, KA Argo Anggrek, KA Harina, dan KA Gumarang dengan tujuan Stasiun Surabaya Pasarturi.

Hingga saat ini, upaya telah dilakukan untuk melakukan normalisasi jalur kereta api di Stasiun Semarang Tawang. Selain itu, peralatan dan material dikerahkan untuk memperbaiki jalur yang terdampak banjir agar kereta api dapat melintas kembali.

KAI memberikan Service Recovery (SR) kepada penumpang yang terdampak dan mengalami keterlambatan dengan memberikan minuman, makanan ringan hingga berat.

Banjir di Kota Semarang disebabkan oleh hujan deras yang terjadi di Ibu Kota Jawa Tengah sejak Rabu (13/3/2024) hingga Kamis dinihari, mengakibatkan gangguan perjalanan kereta api di jalur Pantura.

Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyebut sejumlah KA harus dialihkan melalui jalur selatan karena rel terendam banjir.

Beberapa titik yang terdampak banjir antara lain antara Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Alas Tuwa, Stasiun Tawang dan Stasiun Semarang Poncol, serta Stasiun Mangkang dan Stasiun Kaliwungu, dengan ketinggian air di atas 10 cm dari atas kop rel sehingga tidak dapat dilintasi oleh kereta api.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles